2016, Pemerintah Beri Sinyal Ditjen Pajak Jadi Badan Penerimaan Tersendiri

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi memastikan sekurang-kurangnya dalam jangka waktu satu tahun ke depan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan menjadi badan tersendiri namun masih dalam kordinasi Kementerian Keuangan.

“Kurang lebih satu tahun lah, awal 2016 dia (DJP) sudah menjadi sebuah badan, harapannya begitu,” kata Yuddy, usai rapat koordinasi kelembagaan DJP, di Kantor Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/2/2015).


Namun, kata Yuddy, hal ini tidak bisa diputuskan secara sepihak oleh pemerintah sebagai eksekutif. Mesti ada pembahasan dengan DPR yakni adanya payung hukum yang mengaturnya.


“Tergantung kesiapan payung hukumnya, masih perlu masa transisi peraturan Undang-undang Keuangan yang baru. Pembahasan perlu waktu setidaknya butuh waktu setahun,” tutur Yuddy.


Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan badan tersebut nantinya hanya akan fokus mengumpulkan penerimaan yang bersumber dari pajak atau dengan kata lain memisahkan dari pendapatan melalui bea cukai.


“Pajak saja,” kata Bambang melalui pesan singkat.


Namun, lanjut Bambang terkait nama badan baru tersebut akan berganti menjadi Badan Penerimaan Negara (BPN) atau Badan Penerimaan Pajak, dirinya belum mau berkomentar karena masih harus menunggu revisi aturannya.


“Nama belum difinalkan. Masih harus menunggu revisi Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP),” jelas dia.



AHL



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.