Cerita Tukul yang Meriang Dapat Surat Tunggakan Pajak

Jakarta -Artis pelawak Tukul Arwana punya pengalaman buruk soal pajak. Tukul pernah mendapat surat peringatan atas tunggakan pajak, alias ‘surat cinta’ dari Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) beberapa tahun silam.

Hal ini disampaikan Ganang, Asisten Tukul yang hadir dalam acara dialog bersama Selebriti dan Ditjen Pajak di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kamis (12/2/2015)


“Waktu itu saya tangani pajak Tukul setelah 2010. Itu baru dapat informasi dapat surat cinta soal pemeriksaan pajak. Untuk artis itu agak meriang Pak. Saya mohon izin, ini namanya mungkin diganti ke surat konfirmasi atau apalah,” jelas Ganang menyampaikan pesan Tukul.


Waktu itu diketahui, Tukul terkena pajak penghasilan (PPh) progresif. Namun dalam pembayaran pajak sebelumnya, hanya dilakukan dengan tarif seperti biasa. Ganang mengaku tidak mendapatkan sosialisasi dari petugas pajak.


“Sosialisasinya kayaknya kurang,” sebutnya.


Selain itu, Ganang bingung dengan pernyataan petugas pajak, yang selalu dapat memastikan pembayaran pajak yang kurang di akhir tahun.


“Waktu itu saya tanya ke kantor pajak, kok akhir tahun selalu kurang bayar. Petugasnya jawab, artis pasti kurang bayar. Saya heran, kok bisa pasti. Saran saya ada nggak sistemnya Pak yang bisa saya nggak kurang bayar lagi. Jadi kita bisa mempersiapkan dengan baik,” paparnya.


Hal yang menjadi pertanyaan lainnya, adalah terkait dengan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT).


“Saya kaget dapat koleksi pembetulan, ada 8 file SPT ini ke mana. SPT itu sudah saya berikan. Tapi lucunya angkanya beda. Mohon penjelasan ini Pak,” tanya Ganang.


(mkl/dnl)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.