Dari Surat Imbauan Menuju Pemeriksaan, Berakhir dengan Surat Tagihan Pajak

Jakarta -Pernahkah teman-teman mendapatkan Surat Imbauan dari Kantor Pajak? Jika belum pernah, bersyukurlah. Artinya Anda sebagai wajib pajak yang taat. Tapi bisa juga Anda belum mendapatkan giliran jika memang ada kewajiban pajak yang harus dipertanyakan oleh Kantor Pajak.

Apa itu Surat Imbauan?


Berhati-hatilah dengan Surat Imbauan yang diterbitkan oleh Kantor Pajak. Kalimatnya cukup menakutkan yah? Sebenarnya tidak, jika Anda sudah memahami maksud dan tujuannya.


Surat Imbauan merupakan surat yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak terkait pemeriksaan dari hasil penelitian internal yang dilakukan oleh Kantor Pajak untuk mendapatkan klarifikasi dari wajib pajak terhadap dugaan belum dipenuhinya kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan (Pasal 1 Peraturan Direktur Jenderal Pajak No PER-170/PJ/2007).


Jika teman-teman mendapatkan Surat Imbauan baiknya segera merespons dengan membalas atau bisa langsung mendatangi Account Representative (AR)/Petugas Pajak agar lebih terarah dalam penyelesaiannya.


Dalam beberapa kasus, Wajib Pajak yang tidak terlalu memahami Surat Imbauan tersebut sering mengabaikan atau mengulur-ulur waktu penyelesaian surat tersebut yang bisa saja berujung pada pemeriksaan. Sedangkan Wajib Pajak tidak siap dalam menanggapi pemeriksaan dengan administrasi keuangan dan perpajakan yang tidak rapi.


Jika teman-teman tidak segera menanggapi Surat Imbauan dalam batas waktu yang telah ditentukan, Kantor Pajak akan memberikan kesempatan untuk konseling dalam jangka waktu tertentu. Jika memang teman-teman terbukti adanya kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi, Kantor Pajak akan meminta penyelesaian kewajiban dan pembetulan pada SPT yang diawasi oleh AR dalam pelaksanaan pembetulan SPT yang akan diklarifikasi.Next



Halaman12



(hds/ang)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.