Ditjen Pajak Gandeng Selebriti Sosialisasikan Wajib Pajak


Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menggandeng selebriti dalam melakukan sosialisasi wajib pajak kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar selebriti dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian atas kewajiban perpajakannya.


“Selebriti itu public figure. Jadi mereka bisa jadi panutan dan contoh. Tujuannya agar menjadi teladan dan bisa mengimbau masyarakat agar taat bayar pajak,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Sigit Priadi Pramudito, dalam acara sosialisasi perpajakan “Selebriti Membangun Negeri, Untuk Indonesia yang Lebih Baik” di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis (12/2).


Dari 254,8 juta penduduk di Indonesia, terdapat 45 juta penduduk yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Namun yang terdaftar hanya 25 juta penduduk. Artinya ada 20 juta penduduk yang belum melakukan kewajiban pajak.


Ia mengungkapkan, tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi, terutama kalangan profesional memang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya angka kontribusi wajib pajak orang pribadi.


“Dari 981,9 triliun realisasi penerimaan pajak 2014, hanya 4,7 triliun yang berasal dari kontribusi wajib pajak orang pribadi,” ujar Sigit.


Dia memilih jalan sosialisasi sebagai upaya meningkatkan kesadaran. “Kami tidak gunakan cara kekerasan. Tapi kesadaran. Ada 3 faktor penting dalam membayar pajak yaitu kemitraan, kebersamaan dan partisanship,” ujar Sigit.


Acara ini dihadiri sejumlah artis seperti Titiek Puspa, Adi MS, Inul Daratista, Dinda Kanya Dewi, Anwar Fuady, Surya Saputra.


Penulis: Astari Fitria Putri/ Yosi Winosa/LIS



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.