Golkar Dorong RUU Penjaminan untuk UMKM dan Koperasi


VIVA.co.id - Fraksi Partai Golkar mendorong DPR menjadikan Rancangan Undang-undang Penjaminan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) sebagai prioritas program legislasi nasional (Prolenas). Di mana, UU tersebut menjadi inisiatif partai berlambang Pohon Beringin.


“Target kami harus selesai pada tahun ini, karena menyangkut payung hukum bagi UMKMK,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI, Ade Komarudin, di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 25 Februari 2015.


Ade menjelaskan, sesuai peraturan yang ada, setiap fraksi berhak mengajukan perundang-undangan yang merupakan inisiatif partai.


Menurutnya, atas kebutuhan masyarakat dan program kekaryaan, fraksi Golkar memutuskan mengajukan UU Penjaminan bagi UMKMK.


“Atas pertimbangan kebutuhan masyarakat, terutama UMKMK dalam perolehan modal, dan potensi membuka lapangan kerja, Golkar menetapkan UU itu menjadi inisiatif,” katanya.


Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar, Firman Subagyo menambahkan permodalan menjadi faktor penting dalam kelangsungan usaha UMKMK.


Menurutnya, selama ini, pelaku UMKMK tidak mendapat perhatian dari perbankan, sehingga sulit mendapatkan kredit. Permasalahannya tidak ada yang pernah menjamin UMKMK pada pihak perbankan.


“Banyak program seperti KUR (kredit usaha rakyat) yang nilainya triliunan, tetapi tidak terserap, karena UMKMK tidak punya jaminan kolateral untuk mendapat pembiayaan dari bank. Inilah yang nanti akan diatur dalam UU ini,” katanya.


Padahal, menurutnya, jumlah UMKMK sangatlah besar di Indonesia, di mana UMKM terbukti menopang perekonomian Indonesia selama ini.



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.