Ingatkan Pemerintahan Jokowi Serius Kembangkan KEK-JPNN.com


JAKARTA - Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Riau, Lukman Edy mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar serius dalam membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) yang sudah dicanangkan di sejumlah daerah. Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, KEK harus diperkuat dengan kebijakan khusus.


Hal itu disampaikan Lukman guna merespon KEK Pariwisata Tanjung Lesung, Provinsi Banten yang hari ini (23/2) diresmikan Presiden Jokowi. Lukman menegaskan, jika pemerintah tak serius maka daerah yang sudah ditetapkan sebagai KEK tak akan ada bedanya dengan daerah lain.


“Coba dilihat beberapa daerah yang sudah ditetapkan tidak berbeda dengan daerah sebelahnya yang bukan kawasan ekonomi khusus. Tidak terjadi juga peningkatan investasi di sana,” katanya di gedung DPR, Jakarta.


Lukman menambahkan, di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), sejumlah daerah yang sudah ditetapkan menjadi KEK tidak mengalami kemajuan signifikan. Bahkan ada daerah yang sudah ditetapkan menjadi KEK tapi sama sekali belum ada pembangunan sama sekali.


Mantan menteri daerah tertinggal itu lantas menyebut KEK di Riau yang tak mengalami kemajuan. Yakni KEK di Dumai, Siak dan Indragiri Hilir.


Karenanya, Lukman mengingatkan perlunya keseriusan pemerintah dalam pembentukan KEK dengan membuat paket-paket kebijakan pendukung. Selain itu, katanya, KEK juga perlu diperkuat dengan infrastruktur pendukung.


“Belajar dari daerah KEK yang sudah dibentuk, KEK tidak ada bedanya dengan daerah yang bukan KEK, maksudnya tidak ada pajak yang dibebaskan di situ, kemudian tidak jadi bounded area. Padahal KEK itu baru menarik kalau ada paket dan previlage yang diberikan,” ujar wakil ketua Komisi II DPR ini.(fat/jpnn)




sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.