Kemenkeu Kejar Pajak Lewat MPN G-2, Ini Tanggapan BCA


VIVA.co.id – PT Bank Central Asia Tbk (berkode saham BBCA) mendukung sistem Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G-2) yang dicanangkan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). MPN G-2 merupakan terobosan untuk menciptakan sistem single database atau data tunggal untuk penerimaan pajak negara atau sering disebut sebagai e-billing.


Menurut Direktur BCA Suwignyo, MPN G-2 akan mendorong transparansi dan sistem database yang terintegrasi. Hal ini, katanya, membuat sistem pembayaran pajak menuju arah yang lebih baik, dimana MPN G-2 memungkinkan monitoring status pembayaran dan penyetoran oleh pengguna layanan.


Untuk diketahui, pada sistem tersebut, wajib pajak (WP) akan melakukan proses registrasi dengan mendaftarkan NPWP secara online terlebih dahulu dan akan mendapatkan ID maupun PIN. Dengan demikian, dalam melakukan pembayaran pajak, WP diharuskan untuk melakukan input data penerimaan negara sehingga mendapat kode billing, atau kode tagihan dan selanjutnya, kode tagihan yang diberikan sistem digunakan sebagai dasar pembayaran.


Jika sebelumnya pembayaran pajak dilakukan hanya melalui counter cabang tertentu dan menggunakan uang tunai dan slip tarikan, kini wajib pajak bisa melakukan pembayaran melalui seluruh counter cabang bank-bank persepsi dan seluruh metode pembayaran online.


“Dengan MPN G-2, penyetoran penerimaan negara oleh wajib pajak, wajib bayar atau wajib setor tidak akan terhalang oleh jam loket layanan penerimaan negara. Pembayaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun serta bebas antre,” tutur Suwignyo kepada VIVA.co.id, Rabu 18 Februari 2015.


Oleh karena itu, dia pun menyampaikan, bagi para nasabah BCA, pembayaran bisa dilakukan melalui counter cabang BCA, KlikBCA Bisnis dan ATM BCA. “Selain mendukung program pemerintah, nasabah juga akan lebih dimudahkan dalam bertransaksi,” tambahnya.


Baca juga:


Bunga Bank Masih Akan Stabil


Misteri Kasus Bank BCA 12 Januari 2015 Terjawab



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.