Kepatuhan Pajak Pribadi Kalangan Profesional Masih Rendah


Skalanews – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyatakan, bahwa kepatuhan wajib pajak (WP) pribadi di kalangan profesional masih sangat rendah.


“Pada tahun 2014 dari Rp981,9 triliun realisasi penerimaan pajak, hanya Rp4,7 triliun yang berasal dari WP pribadi,” kata Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito di Jakarta, Kamis (12/2).


Sigit menambahkan, dari 2,73 juta WP non-karyawan orang pribadi yang wajib SPT tahunan, hanya 637 ribu atau sekitar 23 persen yang menyampaikannya.


Oleh karena itu, Ditjen Pajak gencar melakukan sosialisasi kepada WP orang pribadi. Terutama kalangan profesional seperti dokter, pengacara, artis, dan pekerja seni lainnya, karena profesi tersebut termasuk pihak yang berpenghasilan besar.


“Karena itu, kami awali sosialisasi bagi kalangan profesional dengan mengundang artis dan selebriti lainnya, dengan harapan bisa memberikan contoh pada masyarakat,” katanya menjelaskan.


Dia menjelaskan, dengan dikenal luasnya para sosok tersebut di masyarakat luas, diharapkan mampu menjadi panutan dan bisa mengajak masyarakat lainnya untuk sadar dan patuh pajak.


Pemerintah menganggap, target penerimaan perpajakan sebesar Rp1.244,7 triliun dalam RAPBN-P 2015 sudah realistis dengan kondisi yang ada saat ini.


“Ya itu perhitungan kita sudah realistis. Perhitungan kita teoritis, memang bisa kurang dan lebih,” kata Sigit usai acara pelantikan pejabat eselon di Kementerian Keuangan, Jumat (6/2).


Dia mengatakan, akan melakukan berbagai upaya intensifikasi dan ekstensifikasi seperti yang telah dilakukan hingga sekarang, serta melakukan berbagai upaya baru agar target penerimaan itu bisa tercapai.


Dia juga menjelaskan, akan memberikan pengertian kepada WP orang pribadi non-karyawan yang selama ini dianggap kurang memberikan kontribusi pajak.


“Ada caranya, semua bisa melalui pendekatan yang baik. Saya yakin semua orang kalau kita imbau, pasti mau membantu,” kata Sigit menjelaskan. (ant/tat)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.