Meski Bisa Pantau Uang di Deposito, Ditjen Pajak Yakin Nasabah Tak Akan Kabur

Jakarta -Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan kini dapat melihat detil dana nasabah yang tersimpan di deposito. Tujuannya adalah untuk memastikan pembayaran pajak deposan sudah sesuai atau belum.

Pejabat Pengganti Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Wahju K Tumakaka mengatakan ada beberapa kalangan yang menilai upaya pemerintah ini bisa membuat para deposan besar meninggalkan Indonesia. Namun dia yakin pelarian dana tidak akan terjadi.


“Ada rumor, kalau itu diminta data rinci ada capital flight. Percayalah, itu nggak mungkin karena nggak gampang,” jelasnya kepada detikFinance, Rabu (18/2/2015)


Ia mengatakan, proses peralihan dana pasti langsung dengan nominal besar. Ini tidak mungkin dilakukan oleh deposan hanya dengan dana yang berkisar sekitar jutaan.


“Kalau larikan ke luar negeri, itu kan langsung gede. Pasti muncul di PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dan menjadi transaksi yang mencurigakan. Jadi nggak mungkin ada keluar,” terangnya.


Di samping itu, hampir semua negara maju sudah ada komitmen yang jelas untuk tindak pencucian uang. Sehingga ketika ada dana masuk dan disimpan di bank, pasti akan dipertanyakan.


“Negara-negara maju sudah sepakat tidak ada money laundry. Kalau ada yang masuk langsung gede, pasti dikonfirmasi ke negara asal deposan,” ujar Wahju.


(mkl/hds)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.