Target Pajak Rp1.484 Triliun Terlalu Besar

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala ekonom PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Anggito Abimanyu menilai, target pajak yang telah ditentukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN P) 2015 sebesar Rp1.484,6 triliun terlalu besar.

“Terlalu besar, jadi saya tidak optimistis dengan target pajak yang telah ditetapkan,” kata Anggito ditemui dalam acara Outlook Ekonomi Makro Indonesia 2015: Dari Inflasi ke Deflasi Ekonomi di Gedung BRI, Jakarta, Senin (16/2/2015).


Menurut dia, dalam membuat perencanaan pajak harus banyak yang diperhatikan, khususnya membuat masyarakat lebih nyaman dalam membayar pajak. Peningkatan pajak pada tahun ini mencapai 29,5 persen, jika dibanding perolehan pajak tahun lalu.


Anggito mengharapkan kenaikan tahun pajak hari ini tidak lebih dari 10 persen, sedangkan 10-20 persen merupakan level yang tertinggi.


“Pengalaman saya, range 5-10 persen, paling tinggi itu kenaikan 20 persen, sebelumnya kenaikan cukup confident,” tukasnya.


Dalam mengejar target pajak, lanjut dia, seharusnyaa menaikkan tarif PPN. Lantaran kenaikan satu persen PPN akan mendapatkan Rp50 triliun.


“Saya pernah usulkan masalah itu di pemerintahan yang lalu. Tapi tidak dipakai. Padahal langkah itu bisa dipertanggungjawabkan secara akademis,” pungkasnya.



WID



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.