Bulan Depan, Pegawai Pajak Mendadak ”Kaya”


JAKARTA - Pemerintah tampaknya tidak main-main dengan janjinya untuk mensejahterakan para pemungut pajak. Sebagai bukti, Presiden Jokowi telah mene ken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 37 Tahun 2015 yang mengatur tentang tunjangan kinerja pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sesuai isi Perpres, para pegawai DJP, khusus Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak akan mendapat vitamin berupa tunjangan kinerja yang nilainya cukup besar. Yang menarik, jumlah tunjangan kinerja tersebut bakal dirapel dari bulan Januari hingga April 2015, saat Perpres tersebut mulai diundangkan.

Sehingga, bisa dipastikan bulan depan, para pegawai pajak bakal mendapat tunjangan kinerja dengan jumlah yang fantastis. Sebagai contoh, Dirjen Pajak yang bakal menerima tunjangan kinerja Rp 117.375.000 setiap bulannya, akan memperoleh Rp 469.500.000 pada bulan April ini.

”Remunerasi ini berlaku mulai 1 Januari 2015, jadi jumlahnya nanti dirapel dari Januari sampai April. Karena Pepres-nya kan diperkirakan baru berlaku April dan ini berlaku surut,”papar Staf Ahli Kemenkeu bidang OBTI (Organisasi Birokrasi dan Teknologi Informasi) Kemenkeu Susiwijono Moegiarso kepada koran ini, kemarin (20/3).

Pejabat yang akrab disapa Susi itu memaparkan, dalam Perpres tersebut memang diatur bahwa remunerasi bagi pegawai pajak akan diberikan 100 persen tahun ini. Remunerasi tersebut diberikan setiap bulan dengan besaran yang disesuaikan dengan peringkat jabatan. Dia memaparkan, nilai remunerasi tertinggi adalah Rp 117.375.000 bagi pejabat eselon I, dalam hal ini Dirjen Pajak.

”Sementara yang terendah itu untuk jabatan pelaksana itu tunjangan kinerjanya Rp 5,3 juta. Pelaksana ini biasanya pegawai pajak yang sudah lama dan sudah sepuh, dan biasanya hanya lulusan SMA,” ujarnya. Susi melanjutkan, tunjangan kinerja yang diterima setiap bulan tersebut, berada di luar gaji pokok dan tunjangan jabatan. (ken)




Iklan Bawah 336×280












sumber

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.