Dispenda Batu Ajukan Hapus Piutang Pajak Rp 68 Miliar


SURYA.co.id | BATU – Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batu, Zadiem Effisiensi berencana mengajukan penghapusan piutang pajak dan retribusi kepada DPRD Kota Batu. Pemerintah Kota (Pemkot) Batu memiliki piutang pajak sekitar Rp 68 miliar.


Piutang sebesar itu terdiri dari piutang pajak bumi dan bangunan (PBB) sekitar Rp 16 miliar sejak tahun 1996 hingga 2014, serta sekitar 52 miliar dari piutang pajak Jatim Park, hotel, dan retribusi.


Menurut Zadiem, penghapusan piutang itu memiliki dasar hukum, yakni peraturan wali kota (perwali) yang dikeluarkan akhir tahun 2013 lalu. Di dalam perwali tersebut, sebelum penghapusan, pihaknya menglasifikasi status piutangnya.


“Kami klasifikasi dulu, mana piutang yang lancar, kurang lancar, diragukan, dan macet. Dari klasifikasi itu, piutang yang macet bisa diajukan penghapusan ke DPRD. Ada alasan-alasan tertentu yang boleh dihapus,” beber Zadiem, Senin (2/3/2015).


Ia mencontohkan, piutang yang akan dihapuskan adalah piutang PBB. Piutang itu limpahan dari kantor pajak sejak tahun 1996 silam, sementara, Dispenda baru tahun 2014 mengelola PBB dan BPHTB.


“Ada juga pajak-pajak lain dan retribusi. Kalau retribusi, beberapa SKPD juga ada yang mengajukan penghapusan,” katanya.


“Semua catatan dan klasifikasi sudah kami lakukan, nanti terserah DPRD (menyetujui atau tidak. Kami melakukan itu ada dasarnya, kalau tidak, kami tidak berani,” bebernya.


Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok.



LIKE Facebook Page http://ift.tt/1vz10wG



FOLLOW http://ift.tt/1xV3KCI



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.