Dorong Penerimaan Pajak, Pemerintah Sudah Siapkan Sunset Policy

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa program untuk mendorong penerimaan pajak. Salah satunya adalah sunset policy yang akan diterbitkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Dia berharap, kebijakan tersebut nantinya bakal menambah penerimaan pajak sebanyak Rp40 triliun. Menurut dia, sunset policy ini terdiri dari dua mekanisme, yakni voluntary dan mandatory.


“Kita minta wajib pajak bikin SPT (Surat Pemberitahuan). Jadi kita menghimbau ke wajib pajak, kalau ada transaksi yang belum kena pajak, tolong perbaiki SPT nya. Sekarang kita punya data banyak, dan kita bandingkan dengan SPT. Kalau ada yang tidak sesuai, bayar selisihnya,” tutur Sigit saat ditemui usai melaporkan Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) tahun 2015 di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).


Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan target penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015 sekitar Rp1.300 triliun. Target tersebut naik sekitar 30 persen dari target APBN Perubahan tahun lalu yang hanya sekitar Rp910 triliun.


Namun, menurut Sigit, setoran pajak yang terkumpul hingga saat ini baru 13 persen dari target. Padahal, jika melihat tahun kalender, setoran pajak sudah berjalan selama tiga bulan dalam satu tahun.


“Sampai dengan dua hari yang lalu, setoran pajak mencapai sekitar Rp170 triliun,” cetusnya.


Dia menjelaskan, penerimaan pajak di awal tahun memang tidak terlalu besar. Meskipun begitu, pihaknya tetap optimistis terhadap target penerimaan pajak yang telah ditetapkan. “Karena biasanya setoran pajak itu menumpuk di akhir tahun,” ujar dia.



WID



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.