Kadin: Berlakukan PPN Tol Boleh Saja, Asal Ada Kompensasinya

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto menilai, jika pemerintah ingin menerapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) jalan tol sebesar 10 persen, maka sebaiknya ada kompensasi bagi pengguna jalan tol.

Pasalnya menurut Suryo, pelaku usaha, misalnya selama ini sudah banyak dibebani biaya yang menggembung akibat karut-marutnya infrastruktur dan kemacetan. “Dari segi efisiensi waktu, pemborosan BBM, itu kan sudah banyak membebani para pengusaha,” ujarnya ditemui di Jakarta, Kamis (5/3/2015).


Menurut Suryo, Kadin pada dasarnya mendukung setiap upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Namun, dia menekankan agar pemerintah juga memberi kompensasi yang nyata dan realistis atas penerapan PPN yang tentunya akan memperbesar biaya logistik.


“Kita sering berargumentasi bahwa Kadin mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan pemerintah dari sektor pajak, tapi (pertimbangkan) caranya,” tukas dia.


Pemungutan PPN 10 persen dari tarif tol ditargetkan akan menyumbang pendapatan negara sebesar Rp500 milliar tahun ini. Oleh karena itu, selain memberi pemasukan kepada negara, Suryo berharap pelayanan tol dan perbaikan infrastruktur juga ditingkatkan agar kemacetan dapat terurai dan biaya logistik yang menggembung bisa ditekan.



WID



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.