Kebijakan Sunset Policy Hanya Berdampak Jangka Pendek

JAKARTA – Kebijakan penghapusan sanksi administrasi terhadap pajak terutang (sunset policy) dianggap tidak akan berdampak jangka panjang terhadap peningkatan realisasi penerimaan pajak. Pasalnya, realita tersebut terjadi pada 2008 ketika sunset policy pertama diberlakukan.

Sunset policy waktu 2008 itu jangka pendeknya memang bisa menggenjot penerimaan pajak,” kata Peneliti Kebijakan Ekonomi Perkumpulan Prakarsa, Wiko Saputra di Jakarta, Minggu (29/3/2015).


Menurutnya, sunset policy hanya efektif meningkatkan kepatuhan pajak selama satu tahun. Namun, setelah pemberian kebijakan tersebut tingkat kepatuhan maupun realisasi penerimaan pajak anjlok kembali.


“Ini yang perlu kita ingatkan pemerintah ada prasyarat yang perlu dilakukan. Kenapa sunset policy itu gagal? Karena tidak ada perbaikan dalam sistem administrasi di Indonesia,” ucap dia.


Jika pemberian kebijakan tersebut tidak disertai dengan perbaikan sistem, Wiko menegaskan mustahil akan meningkatkan target penerimaan. Terlebih lagi, sistem administrasi pajak Indonesia terbilang cukup rumit.


“Sistem administrasi perpajakan kita bisa dibilang paling rumit dibanding negara lain di Asean. Mulai dari laporan SPT sampai paling akhir rumit,” tambah dia.



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.