Menko Akui Kepatuhan Bayar Pajak Individu Masih Rendah

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Sofyan Djalil menilai, kesadaran masyarakat Indonesia secara individu untuk membayar pajak masih sangat rendah. Kondisi ini justru bertolak belakang jika dibandingkan dengan kepatuhan perusahaan untuk membayar pajak.

“Kalau di Indonesia, tingkat kepatuhan (bayar pajak individu) masih sangat rendah. Yang sudah membayar relatif baik adalah korporasi,” kata Sofyan usai melaporkan Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) tahun 2015 di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2015).


Dia mengkritik, masyarakat Indonesia hanya justru menuntut hak kepada pemerintah ketimbang membayar pajak. Padahal, membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara.


“Kewajiban warga negara adalah membayar pajak. Selama ini, (masyarakat Indonesia) lebih banyak (meminta) soal hak-hak, tapi jarang melaksanakan kewajibannya (membayar pajak),” ujar dia.


Dia mengakui, saat ini sumber pajak masih sangat kecil, padahal target penerimaan pajak tahun ini naik 30 persen. Dia berharap, dengan sumber-sumber pajak, termasuk wajib bayar pajak pribadi dapat mencapai target penerimaan pajak tersebut.


“Apabila bayar pajak dengan baik, negara akan memberi pelayanan. Pembayar pajak akan lebih diintensifkan. Saat ini, yang memegang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) masih sedikit sekali, dari 200 juta hanya 100 juta. Bahkan, yang bayar pajak lebih sedikit daripada yang punya NPWP. Ini harus dimaksimalkan,” cetus Sofyan.



WID



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.