Pemkot Yogya Harus Punya Treatment Khusus


Laporan Reporter Tribun Jogja, Pristiqa Ayun Wirastami


TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sistem pelaporan pajak dengan menggunakan sistem self assesment, diduga menjadi peluang bagi wajib pajak (WP) untuk melakukan pelaporan tidak sesuai dengan potensi. Hal itu pulalah yang membuat pajak pendapatan parkir di Kota Yogyakarta masih terjadi kebocoran.


Rifki Listianto selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta mengatakan jika sampai terjadi kebocoran pajak pendapatan parkir, maka Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Yogyakarta harus mempunyai treatment khusus untuk menangani hal tersebut. Karena bisa saja dengan sistem self assesment, para wajib pajak mempunyai peluang untuk melaporkan pajak mereka tidak sesuai dengan kenyataan.


“Kalau masih ada kebocoran, itu artinya pajak yang masuk kan tidak sesuai dengan potensi yang ada. Disitulah tugas DPDPK Kota Yogyakarta untuk melakukan pengecekan langsung ke lapangan,” kata Rifki saat dihubungi Tribun Jogja.


Menurutnya, DPDPK Kota Yogyakarta tidak boleh begitu saja menerima pelaporan pajak dari wajib pajak. Ia berharap pihak dinas mau benar-benar turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan penyesuaian antara laporan pajak yang disampaikan WP dengan kondisi yang ada di lapangan.


“Jadi misalnya bisa dilihat dari luas lahan parkir. Jika ternyata lahan parkirnya luas, tetapi pajak yang masuk tidak sebanding, maka disitulah perlu dilakukan pengusutan karena sudah tidak sesuai dengan potensi. Maka peluang kebocoran bisa saja terjadi,” ujarnya.


Oleh karena itu, ia pun berharap treatment khusus dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan benar-benar bisa dilakukan oleh DPDPK Kota Yogyakarta. Paling tidak, pajak pendapatan parkir yang masuk ke Pemerintah Kota Yogyakarta bisa sesuai dengan potensi yang ada di Kota Yogyakarta. (*)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.