Petugas Pajak Gadungan Dibekuk di Showroom Mobil


MEDAN – Jajaran Polsek Medan Kota menangkap seorang petugas pajak gadungan dari showroom Jaya Mobil di Jalan Palang Merah, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Senin (30/3/2015) siang.


Tersangka adalah Nasiduhu Manao (49), warga Jalan Rumah Potong Hewan, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.


Kapolsek Medan Kota, Kompol Wahyudi mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari laporan Amrik (54), sang pemilik showroom yang curiga dengan kedatangan tersangka yang mengaku sebagai Kepala Bidang Penyidik/Pemeriksa di Kanwil Ditjen Pajak Sumut-I bernama Bambang Harianto.


Dia lalu menghubungi petugas pajak, namun tidak ada nama Bambang Harianto sebagai penyidik di kantor pajak. Amrik pun diminta menunggu kedatangan petugas Kantor Pajak yang asli. Petugas pajak yang asli lalu melakukan koordinasi dengan Polsek Medan Kota yang langsung turun ke lokasi kejadian dan mengamankan tersangka.


“Penangkapan ini hasil kerjasama polisi dengan pihak Kantor Pajak. Kami menangkap pelaku di showroom Jaya Mobil, Jalan Palang Merah, Medan,” papar Wahyudi, Selasa (31/3/2015).


Wahyudi menjelaskan, modus yang digunakan tersangka adalah menggunakan ID card palsu berlogokan Kantor Pajak dengan menggunakan foto asli tersangka. Tersangka lalu menanyakan dan menginterogasi wajib pajak serta meminta kepada wajib pajak uang senilai Rp10 juta, dengan iming-iming perusahaan milik wajib pajak tidak akan diaudit. “Korban sempat menyanggupi membayar Rp5 juta. Namun, uang itu dikembalikan petugas pajak gadungan karena nilainya kurang dari yang diminta,” katanya.


Diungkapkannya, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. “Kemungkinan masih ada pelaku lain, karena ada mobil yang ditinggal di TKP. Kami juga mengimbau agar warga yang merasa tertipu segera melapor ke kepolisian. Tersangka akan kita jerat dengan pasal Pasal 378 KUHPidana,” pungkasnya.



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.