Pikat Investor, Industri Padat Karya Bakal Dapat Insentif Pajak

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan rapat koordinasi (rakor) untuk membahas percepatan realisasi industri padat karya. Hal ini dimaksudkan agar sektor padat karya dapat mengurangi pengangguran di Indonesia yang setiap tahunnya terus meningkat.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, ada beberapa sektor industri padat karya yang diusulkan untuk mendapatkan kelonggaran pajak (tax allowance) yang tertera dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2011. Sektor tersebut antara lain garmen, alas kaki dan furnitur.


“Mumpung pembahasan PP tersebut masih berlanjut, kami ingin industri tersebut juga mendapat tax allowance agar dapat mengejar target penyerapan tenaga kerja 2 juta lapangan kerja per tahun,” kata Franky dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Jendera Gatot Subroto No 44, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2015).


Dia mengakui, jika tax allowance ini tidak diberikan pada industri padat karya tersebut, maka dikhawatirkan investor pada industri itu bakal kabur ke negara lain. “Insentif menjadi isu utama dalam industri padat karya, selain isu kepastian kenaikan UMR (Upah Minimum Regional),” papar dia.


Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga mengusulkan akan memberikan insentif ke beberapa daerah di Pulau Jawa. Hal ini dilakukan karena industri padat karya sulit dikembangkan di luar Pulau Jawa.


“Karena ini padat karya dan secara ketenagakerjaan memang tidak mudah di luar Jawa, maka kita mengusulkan supaya beberapa daerah Jawa untuk mendapatkan insentif,” pungkas Franky.


Sebelumnya, pemerintah menargetkan penurunan tingkat pengangguran dari 5,49 persen (7,24 juta pengangguran terbuka dari total 121,87 juta angkatan kerja) menjadi 4 persen dalam lima tahun ke depan. Salah satu sektor yang akaan digenjot adalah industri padat karya yang diharapkan mampu menyerap 2 juta tenaga kerja pertahun dari saat ini 350 ribu tenaga kerja pertahun.



WID



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.