Telusuri 120 Penunggak Pajak, Kepala PPATK: Ketemu Angka Rp 15 Triliun

Jakarta -Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan tunggakan pajak senilai Rp 15 triliun dari 120 pihak yang menunggak. Jumlah itu masih akan terus bertambah, karena sebenarnya PPATK tengah melacak 3.100 penunggak pajak di seluruh Indonesia.

“Wajib pajak yang nunggak ada sekitar 3.100. Baru 120 yang kita telusuri, ketemu angka Rp 15 triliun. Yang lain masih proses,” ungkap Muhammad Yusuf, Kepala PPATK, kala ditemui di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2015).


Meski tidak menyebutkan secara rinci, Yusuf mengatakan dari 120 penunggak pajak tersebut 10 di antaranya adalah wajib pajak besar. Di samping itu, Yusuf juga menyebutkan hingga saat ini sudah ada sekitar 2.000 laporan terkait transaksi mencurigakan.


“Yang kita laporkan itu transaksi tidak wajar, belum tentu terorisme. Nah, yang kita kirim dan kita temukan sekian banyak itu yang terindikasi tindak pidana ada 2.000-an sejak 2003 sampai saat ini,” kata dia.


Yusuf menyebutkan, dari laporan transaksi mencurigakan itu indikasinya yang paling banyak adalah terkait korupsi dan narkotika.


“Nilainya nggak bisa disebut karena ada yang besar dan kecil. Dari 2.000-an itu yang terindikasi bisa korupsi, illegal logging, macam-macam. Terbanyak korupsi, kedua narkoba, tapi indikasi artinya belum pasti. Laporan transaksi mencurigakan keluar-masuk Indonesia,” paparnya.


(drk/hds)



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.