Bayar Kekurangan Pajak Sebelum 1 Januari 2016, Denda Dihapus

Jakarta -Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan mengumumkan data Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi yang masih kurang bayar dalam periode 5 tahun terakhir. Nantinya, WP diminta melunasi kewajibannya tetapi tanpa dikenakan denda.
"April ini Ditjen Pajak mengeluarkan data. Misalnya kamu kurang sekian sebenarnya selama 5 tahun," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/4/2015).
Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 29/PMK.03/2015, pasal 1 ayat (2) menyebutkan utang pajak adalah jumlah pajak yang tidak atau kurang dibayar pada saat jatuh tempo pelunasan yang menyebabkan jumlah pajak yang masih harus dibayar bertambah. Sementara dalam ayat (3) dikatakan sanksi administrasi adalah bunga sebesar 2% per bulan yang terbit karena utang pajak tidak atau kurang dibayar.
Namun, Bambang menegaskan nantinya WP yang patuh melaporkan kekurangan pajaknya tidak akan kena denda. "Nanti dibayar tanpa denda," ujarnya.
'Hadiah' ini diberlakukan untuk semua WP OP yang terdaftar memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Tidak ada perbedaan untuk WP dengan tunggakan besar maupun kecil.
"Semuanya, yang punya NPWP dan menyampaikan SPT-nya," kata Bambang.
Menurut Bambang, hal ini merupakan bagian dari pembinaan WP yang sudah direncanakan sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Kita ingin mereka memperbaiki catatan pembayaran yang sudah dilakukan dalam 5 tahun terakhir," tuturnya.
Bagi yang belum memiliki NPWP, tetap akan disisir oleh Ditjen Pajak. Caranya adalah dengan melihat aktivitas transaksi keuangan dalam 5 tahun terakhir.
"Jadi intinya kita tetap berupaya agar target penerimaan pajak bisa tercapai," tegasnya.
Namun untuk mendapatkan fasilitas ini ada syaratnya. PMK No. 29/PMK.03/2015 pasal 2 ayat (1) menyatakan WP yang melunasi utang pajak sebelum 1 Januari 2016 diberikan penghapusan sanksi administrasi. Di ayat (2) ditambahkan utang pajak itu adalah yang timbul sebelum tanggal 1 Januari 2015.
(mkl/hds)
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.