Darmin Nasution 'Ramal' Setoran Pajak Tahun Ini Tekor Rp 180 T

Jakarta -Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penerimaan pajak 2015 sebesar Rp 1.294 triliun. Darmin Nasution, mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, memperkirakan target itu cukup sulit tercapai.
Menurut Darmin, pertumbuhan penerimaan pajak tahun ini maksimal adalah 20%. Itu pun harus dengan kerja keras. Artinya, di bawah target pertumbuhan 44% yang dicanangkan pemerintahan Jokowi.
"Dari perhitungan tersebut, shortfall (kekurangan) pajak jadinya Rp 180 triliun belum termasuk PPh (Pajak Penghasilan) migas. Kita belum pernah shortfall sejauh itu," kata Darmin dalam rapat dengan Badan Anggaran DPR di Gedung DPR/MPR/DPD, Jakarta, Kamis (9/4/2015).
Oleh karena itu, lanjut Darmin, harus ada berbagai langkah dari pemerintah untuk mengamankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan (APBN-P) 2015. Karena tanpa upaya apa-apa, tentunya defisit anggaran akan membengkak dan utang pun bertambah.
"Perlu ada pengamanan supaya APBN tetap aman. Pemerintah tahu lah caranya seperti apa," ujar Darmin.
Darmin pun menyebutkan kenaikan penerimaan pajak dalam 3 tahun terakhir hanya 2012 yang di atas 10%. Tahun lalu, bahkan penerimaan pajak hanya naik 6,9%.
"Jadi sekarang harus benar-benar membalikan keadaan. Kalau bisa sampai 20% saja harus benar-benar extra effort," sebutnya.
(hds/hen)
sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.