DJP: Akhir April, Presiden Akan Luncurkan Sunset Policy Jilid II

Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sedang bersiap untuk meluncurkan reinventing policy atau sunset policy jilid II pada akhir April 2015. Kebijakan ini merupakan langkah upaya keras demi mendorong penerimaan pajak hingga mencapai target sebesar Rp 1.249,3 triliun.
Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito mengungkapkan, Presiden Joko Widodo akan ambil bagian dalam peluncuran kebijakan jilid II tersebut.
"Tanggal 29 (April) nanti kita launching oleh presiden. Reinventing itu kita mulai start harusnya nanti," ujar Sigit di kantor DJP, Jakarta, Kamis (23/4).
Sigit optimistis, akan ada peningkatan penerimaan pajak dalam tahun ini. Hal ini berkaca dari pengalaman pelaksanaan reinventing policy (sunset policy jilid I) pada 2008 lalu.
"Saya belum tahu (potensi penerimaan), tapi seperti 2008 bisa tumbuh 30 persen. Tahun ini saya harapkan lebih dari 30 persen. Karena kalau dulu cuma ada voluntary, tahun ini kita akan ada dua program, itu data voluntary dan mandatory. Data mandatory itu adalah bukti bahwa dia (wajib pajak) bayarnya kurang," jelas Sigit.
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro pun membenarkan bahwa presiden akan meluncurkan reinventing policy pada pekan depan yang artinya pada Mei mendatang DJP sudah bisa menjalankan kebijakan tersebut secara penuh.
"PMK-nya sudah selesai, tinggal saya tanda tangan. Target dari kebijakan ini, ya untuk mencapai target (penerimaan pajak 2015)," ujarnya.
Seperti yang diketahui, reinventing policy atau sunset policy merupakan kebijakan penghapusan sanksi administratif kepada WP yang mau memperbaiki penyampaian SPT pajak selama lima tahun, yakni periode 2014 ke belakang. DJP mengakui bahwa 2015 merupakan tahun pembinaan WP untuk meningkatkan kepatuhan.
Investor Daily
Margye J Waisapy/FMB
Investor Daily
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.