Dua Kombinasi Ini Bisa Jadi Alternatif Naikkan Penerimaan Pajak

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menargetkan kenaikan penerimaan pajak pada 2015 sebesar Rp1.296 triliun. Untuk mewujudkannya, pemerintah menyiapkan beberapa program untuk mendorong penerimaan pajak.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Suahasil Nazara, menjelaskan, penerimaan pajak Indonesia baru sekitar 11 persen, lebih kecil dibandingkan Malaysia dan Thailand. Sementara untuk jumlah masyarakat Indonesia yang mempunyai NPWP baru sekitar 25 juta jiwa dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 250 juta jiwa.


“Perekonomian Indonesia ini kalau lihat Gross Domestic Product (GDP) dan penerimaan perpajakannya hanya sekitar 11 persen. Menurut perbandingan negara lain ini tergolong rendah. Malaysia 15 persen, dan Thailand 15 persen sampai 16 persen,” kata Suahasil, saat diskusi ‘Peningkatan Target Pajak Dalam Penerimaan Negara’, di Gedung Pakarti Centre, Jakarta, Kamis (2/3/2015).


Suahasil menjelaskan, untuk menaikkan persentase penerimaan pajak 2015, pemerintah akan memfokuskan diri terhadap dua kombinasi, yakni ekstensifikasi dan kewajiban pajak (tax complaince).


“Kalau perspektifnya seperti itu tentu ekstensifikasi menjadi kata kunci, tapi saat bersamaan tax complaince juga menjadi kata kunci. Ini merupakan kombinasi yang akan kita lakukan,” jelas Suahasil.


Untuk menyukseskan penerimaan perpajakan, Suahasil menambahkan, seharusnya Direktorat Jenderal Perpajakan dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menjadikan tahun ini menjadi tahun pembinaan. Kegiatan yang dilakukan ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penerimaan pajak negara.


“Tahun ini kita sosialisaikan kepada masyarakat, baik yang sudah punya maupun belum mempunyai NPWP dan sudah memasukan SPT kemudian mengisi dengan benar dan bayar dengan benar,” pungkas dia.




ABD



sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.