Mantan Dirjen Pajak Akui Ada Kongkalikong Pajak

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mempertanyakan mengapa selama ini dalam kasus pajak selalu dimenangkan oleh wajib pajak, sehingga menyebabkan penerimaan berkurang dan negara terus merugi.
Pertanyaan tersebut seperti yang dilontarkan Anggota Banggar DPR RI Ecky Awal Muharram. Dengan dasar itulah, Banggar DPR RI memanggil mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Darmin Nasution untuk membahas persoalan tersebut dalam sebuah rapat dengar pendapat (RDP).
"Kenapa sampai dengan saat ini kasus-kasus pajak di pengadilan pajak, DJP kalah melulu dari WP? Apakah memang kasusnya dilemahkan atau bagaimana," tanya Ecky kepada Darmin, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/4/2015).
Menanggapi pertanyaan tersebut, Darmin mengakui adanya permainan dalam kasus pajak yang sampai di meja hijau. Ada pegawai pajak yang mengambil celah dengan adanya ruang yang bisa dimainkan. Permainan itu dimulai pada saat pemeriksaan pajak WP. Dengan menggunakan celah kurang bayar nantinya membuat WP merasa tidak terima dan mengajukan keberatan.
Dari situlah peran pegawai pajak masuk sebagai 'konsultan' yang memberi jalan agar WP bisa menang di pengadilan pajak. Dalam proses ini, terjadilah kongkalikong antara pegawai pajak dan wajib pajak. "Pemeriksa yang keberatan bisa bikin deal dengan WP yang keberatan, agar keberatannya diterima oleh pengadilan pajak," ujar Darmin.
Darmin menjelaskan bahwa petugas pajak yang memeriksa tersebut memainkan dokumen, yakni dengan mengubah dokumen yang dilaporkan pada awalnya, sehingga berbeda ketika masuk ke pengadilan pajak. "WP diajarkan supaya jangan memberikan dokumennya. Nah, dia mainkan di sana, sehingga akhirnya WP menang dan mereka kebagian komisi," pungkasnya.
ABD
sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.