Mungkinkah Pajak Diterapkan di Planet Mars?


VIVA.co.id - Misi eksplorasi ke Planet Mars tak sebatas misi ilmiah saja. Belakangan, setelah misi ini makin potensial, muncul desakan untuk mengenakan pajak bagi misi luar angkasa itu.
Adam Chodorow, profesor hukum Arizona State University, Amerika Serikat, mengatakan, pajak akan berperan besar dalam misi ke Planet Merah tersebut.
Dikutip dari Space.com, Rabu 15 April 2015, lembaga pemerintah federal Amerika Serikat, Internal Revenue Service (IRS) memungkinkan untuk menarik pajak pada semua ekosistem misi ke Mars itu.
IRS bertugas mengumpulkan pajak dan menetapkan hukum pendapatan dalam negeri. IRS tercakup dalam Departemen Keuangan AS dan bertugas menafsirkan dan menerapkan hukum pajak federal.
Chodorow menjelaskan, misi ini memang makin menarik, terbukti perusahaan swasta saling berlomba untuk mengembangkan pesawat dan mengirim manusia ke planet tetangga Bumi itu.
Namun, kendalanya adalah soal dana investasi. Perusahaan antariksa, ujar Chodorow, bisa saja mendapatkan dana dari lantai bursa. Tapi, ia menekankan para investor tentu ingin menarik keuntungan dengan menyuntikkan dananya.
Ruang tersebut, kata Chodorow, bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk memberi dukungan misi, dalam bentuk keringanan pajak.
"Persoalan pajak dan cara kita mengkoloni ruang angkasa mungkin akan didorong oleh sistem pajak. Kita segera menuju Mars, jadi harus berpikir serius tentang peran pajak," ujarnya dalam sebuah pertemuan dengan organisasi yayasan AS dan universitasnya.
sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.