Pemerintah Siapkan Strategi Genjot Penerimaan Pajak

JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku pemerintah akan berupaya meningkatkan kembali penerimaan pajak setelah sebelumnya gagal di sepanjang triwulan I 2015.
Salah satu caranya dengan menjalankan tahun pembinaan wajib pajak. Semua wajib pajak, kata Bambang, akan diwajibkan membenahi SPT selama lima tahun terakhir.
"Wajib pajak yang sudah memiliki NPWP yang sudah sampaikan secara teratur, kami minta mereka perbaiki catatan pembayaran yang sudah dilakukan selama 5 tahun terakhir," ujar Bambang usai bertemu Presiden
Sementara itu, kata dia, untuk warga negara yang belum menjadi wajib pajak, pihak Ditjen Pajak akan melakukan ekstensifikasi. Bambang meyakini bahwa data wajib pajak dari pihaknya sudah akurat. Masalah kegagalan penerimaan, diduganya karena ketidakpatuhan para wajib pajak.
"Yang selama ini belum membayar sama sekali itu juga nanti harus membayar dan nanti melihat aktivitas mereeka selama 5 tahun terakhir. Intinya kami tetap berupaya agar target penerimaan pajak tahun ini tercapai," imbuhnya.
Sebelumnya diberitakan, perolehan pajak pada triwulan I 2015 ini disebut sebagai prestasi terburuk dalam lima tahun terakhir. Pasalnya, berdasarkan catatan Ditjen Pajak, realisasi setoran pajak dari awal tahun hingga 28 Maret 2015 sebesar Rp 170 triliun. Jumlah ini hanya 13,65 persen dari target sebesar Rp 1.296 triliun.
Penerimaan pada triwulan I ini jauh di bawah periode sama pada 2014, yang mencapai Rp 264,4 triliun atau 19,2 persen dari target Rp 1.280 triliun.(flo/jpnn)

sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.