Penerimaan Pajak Sumbar-Jambi Belum Maksimal


Skalanews - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumbar-Jambi Muhammad Ismiransyah M.Zain menyatakan, penerimaan pajak di eilayahnya pada triwulan I tahun 2015 belum maksimal. Hal itu terjadi, karena dipengaruhi perlambatan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.
"Hingga saat ini, dari target Rp9,7 triliun, penerimaan pajak baru sekitar 15 persen," kata Muhammad Ismiransyah M.Zain di Padang, Kamis (30/4).
Menurutnya, realisasi penerimaan di angka 15 persen itu cukup mengkhawatirkan.
"Dibandingkan dengan triwulan I 2014, realisasi penerimaan pajak sekitar 16 persen. Untuk tahun 2014, angka 16 persen itu cukup bagus. Karena target hanya Rp7 triliun. Tapi, jika target naik menjadi Rp9,7 triliun, sementara capaian masih diangka 15 persen, maka tentu tidak maksimal," ujarnya.
Idealnya menurut dia, capaian pada ditriwulan I tahun 2015 ini berkisar antara 23-24 persen.
Meski demikian, dia tetap optimistis, target pemerimaan pajak di Sumbar dan Jambi tahun ini akan tetap terealisasi 100 persen.
"Pada trimulan II kami akan mulai mengupayakan percepatan penerimaan pajak dari wajib pajak. Mudah-mudahan hingga triwulan IV, target tercapai," katanya.
Apalagi menurutnya, dengan ditetapkannya tahun 2015 sebagai tahun pembinaan wajib pajak oleh Presiden Joko Widodo, penerimaan pajak akan semakin baik.
"Pada tahun pembinaan wajib pajak ini, pemerintah memberikan kemudahan pada wajib pajak yang menunggak dengan penghapusan sanksi berupa bunga tagihan. Diharapkan, ini akan menggugah wajib pajak yang menunggak untuk segera membayar tunggakannya," katanya.
Selain itu, menurut dia, masih dalam rangka upaya pemenuhan target penerimaan serta memberikan pelayanan prima pada wajib pajak, pada 1 Juni 2015, di Kota Padang ditambah satu lagi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
"Mudah-mudahan ini bisa memberikan pelayanan lebih baik, hingga wajib pajak juga dengan senang hati membayarkan kewajibannya," kata dia. (ant/tat)


sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.