Sadar Wajib Pajak Restoran, Rendah

PURWOREJO (KRjogja.com) - Kesadaran para pengusaha rumah makan atau restoran dan katering di Kabupaten Purworejo untuk memenuhi kewajiban membayar pajak masih sangat rendah. Bahkan Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah (DP2KAD) merasa kesulitan memberikan penyadaran kepada pengusaha, bahwa pajak itu sudah dibayar konsumen.
"Jadi setiap orang yang makan di restoran atau memesan katering itu sebenarnya sudah membayar pajak," kata Kepala Bidang Pajak pada DP2KAD Purworejo Hadi Sadsilo, Rabu (15/04/2015).
Selama ini kata Hadi Sadsilo, para pengusaha restoran dan katering masih menilai bahwa pajak menjadi beban mereka. "Jadi ketika akan membayar pajak, mereka merasa keberatan. Padahal seharusnya pengusaha hanya menjadi jembatan antara kami dengan konsumen," jelasnya.
Diakui, untuk memberikan kesadaran itu cukup sulit. Namun pihaknya terus berupaya untuk memberikan penjelasan, diantaranya dengan penyadaran mereka dengan cara mengirimkan surat kepada para pengusaha. "Kami telah melayangkan surat pemberitahuan kepada mereka agar membayarkan pajaknya sesuai perhitungannya karena untuk pajak restoran dan katering ini mereka menghitung sendiri besarnya pajak yang harus disetor ke pemerintah," kata Hadi Sadsilo.
Tahun ini katanya, DP2KAD ditargetkan untuk memperoleh pajak dari restoran dan katering sebesar Rp 1,432 miliar, atau naik 10 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 1,3 miliar. "Kami optimis target itu dapat tercapai meskipun sampai sekarang belum mencapai 50 persen," katanya.(Nar)


sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.