Sebut Target Pajak 2015 Mustahil Tercapai, Darmin Nasution: Saya Tak Ingin Dosa

Jakarta -Dalam rapat dengan Badan Anggaran DPR, mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Darmin Nasution menyampaikan bahwa target pajak tahun ini tidak akan tercapai. Menurutnya target Rp 1.294 triliun tersebut tak realistis.
"Saya tidak ingin berdosa hanya dengan mengatakan 'oh, bisa tercapai'," ujarnya dalam rapat di Gedung DPR/MPR/DPD, Jakarta, Kamis (9/4/2015).
Ia menyebutkan, tidak ada upaya lain yang mampu mengejar target raksasa tersebut dalam waktu kurang dari 9 bulan. Apalagi dalam 3 bulan pertama setoran pajak baru terkumpul Rp 170 triliun atau 13%.
Oleh karena itu, Darmin hanya bisa menyarankan agar kekurangan penerimaan (shortfall) pajak bisa dikurangi. Bila kondisi seperti sekarang terus berlangsung, dia memperkirakan shortfall pajak bisa mencapai Rp 180 triliun.
"Tidak ada jalan supaya target tercapai. Saya cenderung mengatakan yang realistis buat kita adalah shortfall jangan terlalu besar," jelasnya.
Bila shortfall terlalu besar, tambah Darmin, akan berdampak terhadap keseluruhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Misalnya defisit anggaran akan melebar dan utang semakin bertambah.
"Kalau terlalu besar (shortfall) itu nanti tidak akan terkendali. Persoalan lain bisa muncul," sebut Darmin.
(mkl/hds)
sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.