Setoran Pajak Baru 13%, Ini Penjelasan Menkeu Bambang

Jakarta -Realisasi penerimaan pajak selama Januari-Maret 2015 tercatat sekitar Rp 170 triliun. Lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 188,5 triliun.
Dibandingkan dengan target setoran pajak 2015 yang Rp 1.294 triliun, pencapaian selama kuartal I hanya sekitar 13%. Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan, mengakui bahwa hal ini belum sesuai harapan pemerintah.
"Saya lapor mengenai penerimaan pajak. Kita lihat memang 3 bulan terakhir ini tidak sesuai harapan, karena di bawah tahun lalu," katanya usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (8/4/2015).
Bambang menuturkan alasan masih rendahnya realisasi adalah soal kepatuhan dari Wajib Pajak (WP). Menurutnya, banyak WP yang tidak menyampaikan kewajiban sesuai dengan seharusnya.
"Saya sih masih melihat lebih ke kepatuhan," ujarnyanya.
Meski sampai kuartal I baru sekitar 13%, Bambang tetap yakin target setoran pajak tahun ini akan tercapai. Dia optimistis Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan bekerja keras untuk meningkatkan penerimaan, khususnya di sisi kepatuhan WP.
"Saya kok yakin data informasi yang dimiliki oleh Ditjen Pajak sudah sangat baik, sangat akurat. Maka upaya pembinaan itu bisa dilakukan untuk menutupi target," terangnya.

(mkl/hds)
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.