Target Pajak Naik 44%, Darmin: Tak Pernah Sepanjang Republik Ini Ada

Jakarta -Tahun ini, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penerimaan pajak bisa mencapai Rp 1.294 triliun atau tumbuh sekitar 44% dibandingkan 2014. Darmin Nasution, eks Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, menyebutkan target tersebut sepertinya akan sulit terpenuhi.
"Target pajak di APBN-P (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan) 2015 ada lonjakan. Tapi kita tidak pernah mencatat itu sepanjang republik ini ada," tegas Darmin dalam rapat dengan Badan Anggaran DPR di Gedung DPR/MPR/DPD, Jakarta, Kamis (9/4/2015).
Pada 2008, ketika Darmin menjadi Dirjen Pajak, kenaikan penerimaan pajak memang bisa digenjot sampai 33%. Namun, dia menyebutkan kondisi saat itu jauh berbeda dengan sekarang.
"Saat itu ada sunset policy (penghapusan sanksi administrasi atas tunggakan pajak). Kemudian PPh (Pajak Penghasilan) migas melonjak karena harga minyak naik," kata Darmin.
Oleh karena itu, Darmin memperkirakan pertumbuhan penerimaan pajak tahun ini tidak akan mencapai 20%. Dia merinci sumber pertumbuhan setoran pajak.
Pertama adalah pertumbuhan generik, yang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Dengan pertumbuhan ekonomi tahun ini yang diperkirakan 5,8% dan inflasi 4%, maka Darmin memproyeksikan pertumbuhan penerimaan pajak sekitar 10%.
Kedua adalah kerja keras alias extra efffort pemerintah. "Tapi tidak akan terlalu besar dampaknya, karena ekonomi lagi merosot. Katakan lah bisa, tidak akan lebih dari 5%," sebut Darmin.
"Jadi kalau dengan optimisme, saya rasa tidak akan sampai ke 20% pertumbuhan pajak di 2015," sambungnya.
(hds/hen)
sumber


~ http://www.soalpajak.com ~

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.