Anggota TNI Mengisi Jabatan di Bea Cukai, DPR Tak Mempersoalkan Asal…

Dewan Perwakilan Rakyat tak mempersoalkan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengisi jabatan strategis di lembaga sipil salah satunya posisi calon direktur jenderal (Dirjen) Bea Cukai.
Anggota Komisi XI Hendrawan Supratikno mengatakan, kalau TNI aktif tentu tidak boleh mengisi jabatan strategis di lembaga pemerintahan. Namun, kalau TNI nonaktif tidak masalah asalkan memiliki kriteria tertentu.
"Yaitu harus memiliki keberanian yang teruji, jujur, berkompeten, integritas tinggi untuk mengisi posisi strategis, itu sumber bisa dari sipil dan TNI/Polri apalagi seperti bea cukai, pajak dan lainnya," ujar Hendrawan di Jakarta, Kamis (28/5/2015).
Politisi PDI Perjuangan itu, meminta jangan lagi bangsa ini mendiskreditkan TNI/Polri untuk andil dalam posisi strategis di suatu lembaga pemerintahan, kemudian jangan terbiasa mendikotomi hal-hal seperti itu sehingga tidak mencari titik terbaik untuk pimpinan pada suatu lembaga.
"Bangsa ini tidak boleh terpenjara karena aturan mekanisme yang melemahkan. Memang tentu tidak diatur secara eksplisit, akrena jabatan eselon I dan eselon II itu dilelang," katanya.
Sementara, pengamat kebijakan publik, Agus Pambagiyo mengatakan, tidak masalah kalau prajurit TNI ikut dalam seleksi calon direktur jenderal Bea Cukai (Dirjen BC) karena ada juga di dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).
"Sekarang Dirjen itu kan jabatan eselon I dan itu melalui fit and proper tes. Ya tinggal menteri usulkan saja ke presiden namanya, kalau memang ditolak itu kan keputusan hak presiden," tambah Agus.
Sedangkan pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, akhir-akhir ini menguat kembali isu peranan dwi fungsi TNI terutama untuk jabatan yang berdekatan dengan hukum contohnya KPK.
Menurutnya, terkait seleksi calon Dirjen Bea Cukai tidak menjadi persoalan kalau prajurit TNI yang siap pensiun dini ikut dalam kontestasi tersebut. "Bila mekanismenya memang sudah diperbolehkan maka seharusnya boleh ikut seleksi," tutupnya. (ibl)
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.