Batalkan Revisi PPH Usaha Pelayaran Dalam Negeri, Kemenkeu Diapresiasi Anggota Komisi XI DPR

JAKARTA, indopos.co.id – Langkah Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang membatalkan rencan revisi atas kebijakan pajak penghasilan (PPh) final bagi usaha pelayaran dalam negeri, mendapat apresiasi dari Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi perpajakan, Maruarar Sirait. Menurut Maruarar, keputusan Menkeu mengejar PPh dari usaha pelayaran luar negeri merupakan langkah tepat demi menggenjot penerimaan negara.
"Saya sudah konfirmasi ke menteri keuangan dan dirjen pajak, bahwa kebijakan itu tak jadi dilakukan. Saya sebagai anggota DPR menyambut baik kebijakan pemerintah itu, khususnya kepada Menkeu dan Dirjen Pajak (Sigit Priadi Pramudito, red)," kata Maruarar dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/4).
Politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa dengan panggilan Ara itu menambahkan, keputusan Menkeu membatalkan PPh final dari pelayaran dalam negeri merupakan bentuk sikap sensitif pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terhadap aspirasi masyarakat. Sebab, langkah itu berarti merupakan upaya nyata untuk memerkuat usaha pelayaran nasional sebagaimana konsep Poros Maritim yang digagas Presiden Jokowi.
Ara menambahkan, selama ini para pengusaha asing selalu bisa menyiasati aturan tax treaty sehingga membenarkan operasi mereka di Indonesia tanpa pajak. Politikus muda itu juga menyebut langkah Menkeu mengejar PPh dari pelayaran asing sejalan dengan azas cabotage yang diatur dalam UU Pelayaran.
"Itu sejalan dengan prinsip pengembangan Poros Maritim yang didorong serius oleh Presiden Jokowi. Kita mendukung, agar pemerintah ke depan fokus ke kapal asing itu. Itu sesuai dengan asas cabotage yang diatur di UU kita," tegas Ara.
Kabar dari Ara tentang langkah Menkeu membatalkan revisi PPh untuk pelayaran dalam negeri direspon positif para pemilik kapal yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Association (INSA). Pengurus INSA, Paula Marlina menilai kebijakan yang memanjakan pelayaran dalam negeri itu membuat semangat para pemilik kapal nasional terdongkrak.
"Kita jadi lebih semangat berusaha. Dan bagi kami, dengan kebijakan ini, Pemerintah memang benar-benar serius mengembangkan Poros Maritim," ujar Paula.(ara/jpnn)

sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.