Calon Dirjen Bea Cukai Dikritisi

indopos.co.id – Legislator dan pegiat anti korupsi berharap Kementerian keuangan memilih sosok Dirjen Bea Cukai yang berintegritas dan tak tersangkut kasus hukum. Politisi Partai Nasdem Johny G Plate yang mengatakan bahwa syarat umum untuk menjadi pejabat eselon 1 pemerintah, salah satunya Dirjen Bea dan Cukai (BC) harus terbebas dari masalah hukum.

"Terlebih saat ini Dirjen harus dapat memastikan kinerja di jajarannya dengan baik. Kalau ada masalah hukum harus diselesaikan. Secara umum, memang orang yang punya masalah hukum tidak cocok menjadi pejabat eselon 1," kata Johny yang juga anggota Komisi XI dari Fraksi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (26/5).

Johny meyakini, tim penilai calon Dirjen BC dapat memberikan penilaian tentang masalah-masalah hukum. "Saya yakin, menteri atau tim penilainya itu mengerti secara jelas tentang permasalahan ini (hukum-red). Sekarang kita membutuhkan seorang Dirjen BC yang definitif dan dapat membenahi BC," tegas Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem ini.

Namun Presiden Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Jusuf Rizal mengatakan, selain mengedepankan independensi, kapabilitas dan integritas kandidat, Kemenkeu harus melihat rekam jejak unsur pidana di setiap calon. Diungkap Rizal, dalam daftar yang diumumkan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo selaku Ketua Panitia Seleksi jabatan Dirjen BC, tercantum nama Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta. Sosok yang sebelumnya menjabat Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai DJBC ini dipandang masih memiliki kendala dengan proses hukum.

"Menurut kami kalau menteri ingin memilih Dirjen Bea Cukai tentunya yang tidak bermasalah, karena yang dibutuhkan adalah orang memiliki integritas dalam rangka menegakkan aturan yang berkaitan dengan pendapatan negara. Karena itu yang dibutuhkan pejabat yang memang melindungi aturan-aturan serta tidak merugikan pengusaha," terang Rizal.

Pages: 1 2

Iklan Bawah 336×280

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.