Demi Pajak, Komisi XI Setuju Pidana Korupsi Diampuni

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI mendorong upaya Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang akan menerapkan kebijakan tax amnesty atau pengampunan pidana pajak, termasuk bagi koruptor yang memarkir kembali dana mereka yang berada di luar negeri untuk ditarik ke Indonesia.

Ketua Komisi XI DPR Fadel Muhammad menyebutkan tidak masalah jika yang diampuni yakni koruptor, selama bukan uang hasil transaksi narkoba dan terorisme. Pengampunan spesial bagi koruptor berupa penghapusan pidana pajak, pidana umum dan pidana khusus dengan syarat menyimpan dananya di Indonesia.

"Jangan bilang uang halal atau enggak halal, yang kita mau kan uang di luar negeri kembali ke sini karena mereka lebih memilih memarkir dananya di luar negeri karena krisis ekonomi beberapa tahun lalu. Tapi kalau narkoba dan terorisme enggak boleh," tuturnya ditemui di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2015).

Menurut Fadel, saat ini Komisi XI tengah mendiskusikan kebijakan tax amnesty dengan pemerintah, salah satunya untuk mengejar uang atau dana warga Indonesia yang terparkir di luar negeri seperti Singapura.

"Tax amnestyenggak apa-apa karena minimal potensi penerimaan negara dari kebijakan ini sekira Rp100 triliun sampai Rp150 triliun dengan asumsi Rp4.000 triliun dana yang disimpan di luar negeri. Ini bisa memberikan gairah uang itu kembali masuk ke Indonesia," ucap dia.

Untuk itu, Fadel mengaku, Komisi XI akan menggelar Forum Discussion Grup (FGD) dengan Direktur Jenderal Pajak besok (27/5/2015) pukul 11.00 WIB untuk mendiskusikan kebijakan tax amnesty. "Nanti kita undang pakar perguruan tinggi juga. Kita dengarkan masukan dari mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, Fadel menambahkan, merupakan salah satu terobosan Ditjen Pajak untuk menggenjot penerimaan negara, selain menarik investasi, kemudahan izin daerah, insentif, dan lainnya. "Kami ingatkan anggaran tahun depan harus lebih berhati-hati karena melihat daya beli masyarakat menurun," pungkasnya.
WID

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.