Dirjen Pajak Sanjung Rakyat Amerika yang Sadar Bayar Pajak

JAKARTA - Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito berharap rakyat Indonesia memiliki kesadaran membayar pajak seperti rakyat Amerika Serikat (AS).
Dia menyebutkan dengan taat membayar pajak, masyarakat sama seperti membangun negara ke arah yang lebih baik. Namun pihaknya menilai hal ini bukan berarti masyarakat dipaksa untuk membayar pajak.
"Bukan paksa mereka bayar pajak, tapi masyarakat bayar pajak dengan sadar sehingga mereka rela dan ikhlas bayar pajak meskipun sulit," ungkapnya dalam diskusi Mengenalkan dan memahami program reinventing policy on tax administration tahun 2015 (Sunset Policy 2015) di Gedung Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Selasa (5/5/2015).
Sigit memberi contoh taatnya rakyat Amerika membayar pajak. Dengan kesadaran pajak, rakyat bisa ikut menjaga fasilitas publik yang dibangun dengan uang pajak.
"Mereka ikut jaga fasilitas umum, karena mereka sadar itu pakai uang pajak mereka," sebutnya.
Pihaknya pun menyayangkan isu-isu yang membuat masyarakat semakin takut dengan pajak. Seperti kabar mengenai pajak batu akik.
"Masyarakat salah tangkap, ada yang bilang kuburan kena pajak, apartemen dengan ketinggian sekian kena pajak," kata dia.
Untuk itu, pihaknya berharap bisa menciptakan aturan pajak yang ramah terhadap masyarakat. "Kami ingin perpajakan yang ramah kepada masyarakat tapi tidak memanjakan, konsisten dan adil, kita bina wajib pajak, kami enggak mau ada keresahan," tukasnya.
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.