Dorong Daya Beli, Pegawai Bergaji Rp3 Juta/Bulan Bakal Bebas Pajak

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Pemerintah Presiden Joko Widodo mengusulkan kenaikan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) menjadi Rp36 juta per tahun.
Usulan tersebut diajukan kepada Komisi XI DPR untuk dibahas lebih lanjut. Selama ini batasan penghasilan yang tidak dikenakan pajak yakni sekitar Rp24 juta pertahun.
"Kami usulkan kenaikan PTKP untuk pekerja single, mengacu pada upah minimum tertinggi nampaknya harus ditingkatkan, sekarang kan sudah ada yang upahnya mencapai Rp3 juta per bulannya, akan kita bebaskan," ujar Bambang dalam rapat kerja bersama komisi XI DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2015).
Bambang mengakui, usulan kenaikan ini memang akan mengganggu penerimaan pajak. Namun, dengan ini akan membantu mendorong daya beli masyarakat guna membantu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Seperti diketahui, saat ini ekspor yang menjadi pendorong pertumbuhan sedang mengalami kelesuan akibat harga komoditas merosot.
"Dihitung saja berapa bisa mendongkrak konsumsi, kalau ini kan 50 persen kenaikan PTKP-nya, ya lumayan," ujarnya.
Lebih lanjut, rencananya, perubahan kenaikan ini akan diterapkan untuk tahun pajak 2015. "Berlakunya ya untuk tahun pajak ini, tapi kan efeknya baru tahun depan," pungkasnya.
WID
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.