Gaji Rp3 Juta Dibebaskan Pajak, Negara tak Bakal Rugi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Perpajakan Yustinus Prastowo menilai negara tidak akan dirugikan dengan rencana kebijakan Pemerintah Joko Widodo yang ingin menyesuaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari besaran gaji Rp24 juta per tahun menjadi Rp36 juta per tahun, dengan kata lain pegawai dengan gaji Rp3 juta/bulan bakal bebas pajak.

Menurut dia, memang negara akan kehilangan pendapatan karena pajak masyarakat yang bergaji tiga juta nantinya akan dikembalikan tangan perusahaan. Namun dengan kebijakan ini akan meningkatkan daya beli masyarakat.

"Memang ada potensi hilang, tapi kan bisa ditutup dengan kenaikan gaji. Kalau gaji naik konsumsi meningkat, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pun meningkat," terang pria yang akrab disapa Pras pada Metrotvnews.com, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan potensi hilangnya penerimaan pajak dari kebijakan tersebut, diperkirakan sebesar Rp1 triliun.

"Pajak yang hilang dari PTKP kecil, sekira Rp1 triliun. Tapi daya beli dan konsumsi akan naik, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang nilai," cetus dia.
AHL

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.