Hati-hati! Rokok Kadaluwarsa Masih Banyak Beredar

timlo.net/nanang
timlo.net/nanang
razia rokok
Karanganyar — Sejumlah rokok dengan pita cukai kadaluwarsa ditemukan tim gabungan dari Satpol PP Karanganyar dan Kantor Bea Cuka Solo. Temuan ini saat menggelar razia di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar, Selasa (5/5). Petugas langsung memberikan teguran keras kepada pedagang yang masih nekat menjual rokok tersebut.
"Rokoknya bercukai, tapi sudah kadaluarsa. Bahkan tahun produksinya 2012, tapi masih ada yang dijual. Atas temuan ini, penjual rokok langsung kami beri teguran," tutur Suwarto, salah satu petugas Satpol PP.
Dalam razia tersebut, petugas dibagi dalam tiga tim menyusuri satu persatu pasar, terutama di wilayah pinggiran seperti Gondangrejo, Colomadu, Jumantono, dan Tawangmangu. Mereka mengecek toko kelontong maupun penjual pengecer. Sasaran awal adalah rokok bodong atau rokok tak bercukai yang ditengarai banyak beredar di pasar-pasar tradisional di daerah pedesaan
"Namun kami justru banyak menemukan rokok dengan pita cukai  kadaluarsa. Diantaranya di Pasar Nglano, Tasikmadu," kata Suwarto.
Rokok bodong yang biasanya banyak di jumpai di pasar tradisional pedesaan, dalam razia kali ini tidak ditemukan. Menurut Suwarto, hal tersebut merupakan indikasi yang baik. Karena para pedagang sudah memahami menjual rokok tidak bercukai merupakan hal yang melanggar hukum.
"Razia dan sosialisasi rutin yang kami lakukan seperti ini nampaknya sudah mulai menampakkan hasil," kata Suwarto.
Selanjutnya, kata Suwarto, rokok kadaluwarsa dibeli dan dijadikan barang bukti dan dilaporkan ke pihak Bea dan Cukai Solo.

Editor : Wahyu Wibowo
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.