Jelang Putusan, Hadi Poernomo Pasrah

indopos.co.id – Setelah melalui persidangan seminggu terakhir, proses praperadilan mantan Direktur Jendral (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Hadi Poernomo tinggal memasuki massa putusan. Rencananya, hakim tunggal Haswandi akan membacakan putusan pada sore ini (26/5), pukul 15.00 WIB.

Ditemui usai pembacaan kesimpulan kemarin (25/5), Hadi mengaku sudah melakukan segala upaya untuk menghadapi proses hukum yang dilaluinya. "Semua yang saya lakukan, merupakan bentuk penghormatan saya terhadap hukum," ujarnya kepada wartawan.

Ketika ditanya, apakah dia optimis hakim mengabulkan gugatannya, Hadi terkesan pasrah. Dia mengaku enggan untuk berandai-andai. "Lihat saja besok, sebagai orang islam kita jangan berandai-andai. Jangan sampai mengganggu proses hukum yang ada," ungkap pria yang baru saja pensiun dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan tersebut.

Dalam pembacaan kesimpulan kemarin, Hadi kekeh mengatakan bahwa sengketa pajak merupakan proses hukum khusus sebagaimana diatur dalam Undang-undang perpajakan. "Sehingga tidak masuk dalam ranah korupsi seperti yang dimaksud pasal 14 undang-undang tindak pidana korupsi," tandasnya.

Oleh karenanya, dia menilai KPK tidak memiliki wewenang untuk menangani kasus tersebut. Terlebih, menurutnya kerugian negara yang dituduhkan KPK belum ditemukan juga ditemukan. "Putusan penetapan pajak PT BCA tidak termasuk wewenang termohon sebagaimana pasal 11 huruf c tentang KPK karena kerugian negara di bawah tidak ada," tagasnya.

Sementara itu, kuasa hukum KPK Yudi Cristiana dalam pembacaan kesimpulannya mengatakan jika kasus Hadi menjadi kewenangan KPK. Hal itu disebabkan UU No. 29 tahun 1994 tentang Pajak sebagai undang-undang administratif perpajakan. Meski ada sanksi pidananya, tapi tidak mengatur kewenangan atau perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian keuangan negara. "Sehingga jika terjadi pelanggaran, harus menggunakan UU tipikor," tandasnya. (far)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.