JK Kecam Penyelundupan Kakatua dalam Botol Air Mineral

JAKARTA – Upaya penyelundupan burung kakatua jenis jambul kuning berhasil digagalkan petugas bea cukai Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Ironisnya, kondisi burung yang tergolong langka tersebut sangat memprihatinkan, lantaran dimasukan ke dalam botol air mineral.
Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengecam keras atas penyelundupan tersebut. Terlebih dilakukan secara tidak berprikemanusiaan. "Tentu tidak boleh, yang kayak gitu harus dilindungi," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (6/5/2015).
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut meminta kepada pihak kepolisian untuk tidak memberikan teguran terhadap para pelaku tersebut. Melainkan memberikan hukuman seberat-beratnya. "Tentu bukan peringatan (harus) hukuman, karena itu bagian dari pelanggaran," ungkapnya.
Sebelumnya, penemuan mengejutkan ditemukan oleh petugas bea cukai di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Senin (4/3/2015). Mereka menemukan lebih dari 24 ekor kakatua terhimpit dalam botol plastik air mineral yang hendak diselundupkan secara ilegal. Kakatua jambul kuning itu masukkan ke dalam botol agar para penyelundup bisa melewati pemeriksaan para petugas bea cukai di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
Sekedar informasi, kakatua jambul kuning yang termasuk salah satu spesies terancam punah. Menurut data IUCN Redlist (2007), populasi burung ini di alam bebas diperkirakan tidak lebih dari 7.000 ekor saja.
Populasinya yang semakin menurun dan nyaris terancam punah membuat IUCN Redlist memasukkan burung ini dalam status konservasi Critically Endangered sejak 2000. CITES juga telah memasukkan burung ini dalam daftar Apendik I sejak 2005.
Kemudian merujuk kepada peraturan, bahwa pemerintah telah menetapkan kakatua jambul kuning termasuk binatang yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.