Kanwil DJP Jawa Timur III Gelar Press Conference Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015

Rabu, 29 April 2015, bertempat di ruang rapat Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III diadakan Press Conference terkait Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 yang dihadiri oleh wartawan media cetak dan elektronik di kota Malang dan sekitarnya.

Press Conference disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III yang didampingi oleh Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan serta Kepala Bidang P2Humas. Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III menyampaikan bahwa pada hari yang sama Presiden Joko Widodo tengah mencanangkan Tahun 2015 sebagai “Tahun Pembinaan Wajib Pajak” di Istana Negara.

Pada Tahun Pembinaan Wajib Pajak 2015 ini, Ditjen Pajak memberikan kesempatan seluas-luasnya dan mendorong Wajib Pajak untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, menyampaikan SPT, membetulkan SPT serta melakukan pembayaran pajak. Ditjen Pajak akan menghapus sanksi administrasi berupa bunga dan denda atas keterlambatan pembayaran dan pelaporan pajak-nya.

Pencanangan Tahun 2015 sebagai Tahun Pembinaan Wajib Pajak merupakan bagian dari strategi pengamanan target penerimaan 2015 sebesar Rp 1,295 triliun yang meliputi intensifikasi dan ekstensifikasi berdasarkan data pihak ketiga, antara lain data dari PPATK, OJK, BI, BPN, Kementerian dan Lembaga.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III juga menyampaikan penerimaan pajak yang berhasil dihimpun Kanwil DJP Jawa Timur III. Per tanggal 29 April 2015, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Jawa Timur III mencapai 18.68% dari target penerimaan setahun sejumlah Rp. 21,4 Triliun yang mengalami lonjakan tajam dari tahun sebelumnya yang berjumlah Rp. 13,7 Triliun.

Realisasi penerimaan pajak ini mengalami pertumbuhan sebesar 53% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Selain jumlah realisasi penerimaan pajak, Kepala Kanwil DJP Jatim III juga menyampaikan tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan pada tahun ini yang mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Sampai dengan 29 April 2015, tingkat kepatuhan mencapai angka 54,27% dari target rasio yang ditetapkan sebesar 72,5% dari jumlah WP yang wajib menyampaikan SPT Tahunan.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.