Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara Gelar Apel Siaga Penegakan Hukum

Pagi itu mentari belum sepenuhnya menyapa, langit timur masih menyibakkan kilau kuningnya. Namun jajaran pasukan itu telah berbaris rapi, dengan seragam kuning cerah yang menegaskan kedisiplinan, bersiap menyambut rangkaian acara “tidak biasa” di Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Pagi itu adalah hari pertama dari serangkaian kegiatan yang bertajuk “Apel Siaga Penegakan Hukum Tahun 2015” yang diprakarsai oleh Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Inteliijen, dan Penyidikan Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

Apel Siaga yang dilaksanakan di Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado ini dihadiri oleh para penegak hukum pajak di masing-masing instansi vertikal kanwil, yang terdiri dari 45 pejabat Fungsional Pemeriksa, 15 Juru Sita Pajak Negara dan 4 Penyidik Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara.

Lokasi BDK yang jauh dari keramaian sekaligus diapit perkebunan kelapa, membuat suasana lebih khidmat dan tenang, sehingga mendukung dalam penyampaian materi kegiatan lapangan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 17-19 Maret 2015 ini merupakan buah dari respons kenaikan target penerimaan pajak nasional Tahun 2015 sebesar lebih dari Rp 350 triliun yang berimbas pada peningkatan target regional Kanwil DJP Suluttenggo dan Malut menjadi Rp 8,7 triliun.

Keprihatinan pada kondisi di lapangan yang membuktikan bahwa tingkat kepatuhan dan kejujuran Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya masih rendah, mengharuskan ditegakkannya Kegiatan Penegakan Hukum di bidang pemeriksaan, penyidikan dan penagihan Pajak yang saat ini dianggap sebagai upaya yang paling efektif dalam rangka peningkatan kepatuhan Wajib Pajak.

Untuk meningkatkan integritas, kinerja dan profesionalisme dalam menjalankan UU Perpajakan oleh aparat pengawas dan penegak hukum pajak (pemeriksa, penyidik PNS dan juru sita pajak), dipandang perlu diberikan pembekalan yang cukup bagi mereka berupa kemampuan fisik dan mental yang kuat dalam menjalankan tugas di bidang penegakan hukum pajak berupa kegiatan pelatihan khusus guna menunjang pencapaian penerimaan pajak di tahun 2015.

Tujuan lain dari kegiatan yang memiliki batas usia ini adalah penyampaian rencana strategis pemeriksaan pajak sekaligus penentuan langkah inisiatif strategis Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara terkait kegiatan pemeriksaan dan penagihan tahun 2015, sehingga diharapkan Peserta mengetahui arah dan kebijakan pemeriksaan dan penagihan tahun 2015.

Khusus untuk Fungsional Pemeriksa, diharapkan lebih memahami kegiatan terkait tugas pemeriksaan seperti temuan pemeriksaan yang terkait tindak pidana perpajakan, tata cara pembukaan rahasia bank, penelusuran asset, pengamatan dan pencarian data, dan hal-hal terkait keberatan dan banding.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Hestu Yoga Saksama, selasa pagi, dihadapan puluhan peserta yang berbaris rapi dan sejumlah pejabat di lingkungan kanwil.

Usai bersih diri dan sarapan pagi, kegiatan selanjutnya diawali dengan Laporan dari Kepala Bidang Pemeriksaan, penyidikan dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara, Sigit Haryoko sekaligus menyampaian arahan kepada peserta Apel Siaga.

Dalam sambutannya, Hestu Yoga Saksama mengarahkan peserta kegiatan untuk meningkatkan kedisiplinan dan semangat mengikuti apel siaga penegakan hukum tahun 2015, meningkatkan kinerja, dalam upaya pengamanan penerimaan dan kepatuhan tahun 2015 dan juga mengenai Strategi Pengamanan Penerimaan dan Kepatuhan Tahun 2015. Hestu Yoga juga menyampaikan evaluasi kinerja Pemeriksaan dan Penagihan Tahun 2014.

Berturut-turut, materi kegiatan diisi oleh Kasubdit Pemeriksaan Bukti Permulaan Direktorat Intelijen dan Penyidikan Kantor Pusat DJP, Abdul Azis yang menyampaikan materi berupa Keterkaitan Pemeriksaan dan Pemeriksaan Bukti Permulaan, kemudian Kasubdit Pemeriksaan Transaksi Khusus Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan Kantor Pusat DJP, Imanul Hakim yang membahas Tantangan Pengawasan dan Pemeriksaan Tahun 2015, dilanjutkan Kepala Seksi Pemeriksaan WP Badan, Ahmad Qusyairi yang memaparkan SE-09/PJ/2015 tentang Rencana dan Strategi Pemeriksaan tahun 2015.

Pada malam harinya, peserta disuguhkan motivasi dari Prof. Dr. J. F. Senduk, MPd. Guru Besar Universitas Negeri Manado yang mengupas Pendidikan Karakter yang Berintegritas. Beliau mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan karakter yang dimulai dari diri sendiri sampai karakter bangsa yang akan berpengaruh pada kinerja, integritas dan militansi setiap warga Negara termasuk pegawai pajak. Acara yang ditutup pukul 21.00 WITA ini diikuti peserta dengan antusias.

Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan materi-materi dari luar DJP, yaitu Bela Negara oleh Brigjen TNI Binarko Sugihantyo, Komandan Korem 131/Santiago, Penegakan Hukum Pajak dari Kacamata Kejaksaan oleh Asnawi Mukti, SH, MH. dari Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, dan Penegakan Hukum Pajak dari kacamata Kepolisian oleh Kombespol Hilman, SIK, SH, MH. dari Polda Sulawesi Utara. Ketiga elemen ini mengungkapkan komitmennya terhadap upaya DJP dalam melaksanakan kegiatan penegakan hukum pajak, sehingga menghilangkan kekhawatiran dari aparat penegak hukum DJP dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Dengan dilaksanakannya apel siaga penegakan hukum ini, diharapkan penegakan hukum pajak melalui kegiatan pemeriksaan dan penagihan pajak pada tahun 2015 dapat tercapai secara optimal melalui pembekalan fisik dan mental yang baik. Acara terselenggara dengan baik, lancar dan optimal dan ditutup oleh Kepala Bagian Umum mewakili Kepala Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara pada pukul 17.00 WITA saat upacara apel siaga sore.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.