Kanwil DJP Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara Jalin Kerjasama dengan Berbagai Instansi di Sulawesi Utara

Rapat kerjasama perpajakan dengan beberapa Instansi di Sulawesi Utara

Dalam rangka peningkatan kerjasama untuk kepentingan perpajakan, pada Hari Kartini, 21 April 2015, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara menyelenggarakan Diskusi Terbatas Pengamanan Penerimaan Negara Tahun 2015 di Ruang Rapat Kanwil DJP.

Acara tersebut dihadiri oleh 6 instansi pemerintah, yaitu Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Manado, Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Bappeda Provinsi Sulut, dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut. Dari Kanwil DJP hadir seluruh Kepala Bidang dan Kabag Umum mendampingi Kepala Kanwil DJP.

Dalam pembukaannya, Kakanwil DJP Suluttenggomalut, Hestu Yoga Saksama menyampaikan bahwa pemerintah menetapkan target penerimaan pajak yang tinggi di tahun 2015 sebagai sumber pembiayaan supaya pembangunan terlaksana dengan jauh lebih baik.

Target tersebut hanya bisa dicapai dengan data yang memadai tentang kegiatan Wajib Pajak. Data tersebut diharapkan dapat diperoleh dari instansi pemerintah, lembaga, asosiasi, dan pihak lain (ILAP). Adapun dasar hukum pemberian data tersebut adalah Pasal 35A UU Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan (KUP) serta Peraturan Pemerintah nomor 31 tahun 2012.

Seluruh instansi yang hadir menyampaikan paparan tentang pelaksanaan tugas dan Standard Operating Procedures (SOP) di instansi masing-masing serta data yang dimiliki. Pada sesi berikutnya, didiskusikan kemungkinan untuk memberikan data dari tiap instansi secara rinci dan spesifik agar dapat langsung dimanfaatkan untuk penggalian potensi penerimaan pajak.

Pertemuan diakhiri dengan kesepahaman untuk meningkatkan koordinasi baik formal maupun informal, serta untuk memberikan data yang diperlukan oleh DJP.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.