KPP Pratama Binjai dan Kanwil DJP Sumatera Utara I Gelar Pojok e-Filing SPT Tahunan 2014 bagi Para PNS Pemko Binjai

Tingginya target e-FIN dan e-Filing untuk tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu menjadi perhatian tersendiri bagi Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di bawah naungannya.

Menyikapi hal ini, Bidang P2 Humas Kanwil DJP Sumatera Utara I bekerja sama dengan KPP Pratama Binjai mengadakan semacam kegiatan pojok e-Filing yang diperuntukkan bagi para PNS Pemko Binjai. Gelaran bertajuk “Sosialisasi Penyampaian SPT Tahunan PPh melalui e-Filing kepada Para PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Binjai” ini berlangsung selama 5 hari kerja sejak tanggal 18 sampai dengan tanggal 24 Maret 2015 dengan mengambil tempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Binjai yang letaknya tidak jauh dari KPP Pratama Binjai.

Teknis acaranya cukup sederhana, yakni mulanya Wajib Pajak diminta melakukan registrasi pada bagian Registrasi dengan cukup menunjukkan bukti potong 1721-A2 miliknya dan identitas diri kepada petugas Registrasi untuk kemudian dipersilakan mengisi daftar hadir dan setelahnya diberikan Formulir Permohonan e-FIN dan Kartu e-Filing.

Kartu e-Filing ini seperti kartu kontrol, yang di dalamnya tertera informasi NPWP, e-FIN, e-mail, password e-mail, dan password e-Filing si Wajib Pajak, yang nantinya akan dituliskan oleh petugas. Setelah mengisi Formulir Permohonan e-FIN, Wajib Pajak akan di arahkan ke bagian Helper e-FIN untuk mendapatkan e-FIN atas NPWP-nya.

Setelah mendapatkan e-FIN, Wajib Pajak yang sebelumnya telah memiliki e-mail (disarankan e-mail Gmail) bisa lanjut ke bagian Pemandu e-Filing. Adapun Wajib Pajak yang sebelumnya masih belum memiliki e-mail diarahkan ke bagian Helper e-Mail untuk dibantu dalam pembuatan akun e-Mail (dengan layanan e-mail Gmail), setelahnya baru bisa lanjut ke bagian Pemandu e-Filing.

Pemandu e-Filing di sini ada sekitar 15 orang yang masing-masingnya bertugas mendampingi dan memandu Wajib Pajak dalam menjalankan aplikasi e-Filing di website http://ift.tt/1InmXn9 dari mulai registrasi hingga Bukti Penerimaan Elektronik masuk ke Inbox e-mail Wajib Pajak.

Setelah pemanduan berhasil, Wajib Pajak akan diberikan souvenir oleh Pemandu e-Filing dan diminta agar menyimpan Kartu e-Filing-nya yang berguna untuk penyampaian SPT Tahunan berikutnya melalui media e-Filing. Secara umum kegiatan ini berjalan lancar. Hambatan yang ada antara lain adalah masalah kapasitas pelayanan yang masih sedikit kuantitasnya.

Satu pemanduan diperkirakan butuh waktu rata-rata sekitar 15 menit. Jadi setidaknya dalam 1 jam, seorang pemandu bisa melakukan pemanduan e-Filing terhadap 4 Wajib Pajak, sehingga total dalam 1 jam bisa ada 60 pemanduan e-Filing.

Selain itu, server yang kadang down di saat-saat tertentu atau lemot karena sedang ramai akses juga menjadi hambatan keberlangsungan acara ini. Tapi di luar itu semua, acara tersebut berlangsung sukses dan diperkirakan menyumbang seperempat dari pencapaian target e-Filing KPP Pratama Binjai.

Diharapkan ke depannya Wajib Pajak peserta sosialisasi ini dapat menyampaikan SPT Tahunannya sendiri melalui media e-Filing dan membagi pengetahuan hasil kegiatan sosialisasi ini kepada kerabat atau rekan terdekatnya.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.