KPP Pratama Penajam Sosialisasikan Hak dan Kewajiban Wajib Pajak Badan

Bertempat di RM Pelangi Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Penajam bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Penajam menyelenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai Hak dan Kewajiban Wajib Pajak Badan, 22 April 2015.

Kegiatan tersebut diikuti oleh semua anggota KADIN Kabupaten Penajam. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala KPP Pratama Penajam, Agus Hernawanto Purnomo, Kepala Dispenda PPU, Tur Wahyu Sutrisno, Ketua KADIN PPU, H. Abdul Wahab, dan juga Ketua Apindo Kabupaten PPU.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 110 Wajib Pajak Kepala KPP Pratama Penajam, Agus Hernawanto Purnomo mengatakan bahwa target penerimaan pajak yang dibebankan kepada KPP Pratama Penajam tahun ini adalah sebesar Rp. 1.422 milyar.

Untuk mencapai target tersebut upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan KPP Pratama Penajam antara lain adalah dengan memberikan pembinaan kepada Wajib Pajak melalui kegiatan penyuluhan atau sosialisasi.

Agus mengharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini akan meningkatkan pemahaman kepada Wajib Pajak terhadap hak dan kewajiban perpajakan, sehingga dapat meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak.

Fasilitas umum, infrakstuktur jalan, subsidi pangan dan BBM, pelayanan kesehatan, keamanan dan pertahanan, pendidikan, transportasi massal, pemilihan umum, kelestarian lingkungan, Dana Alokasi Umum bersumber dari uang pajak yang dibayarkan oleh Wajib Pajak. Dalam konsisi dimana harga minyak yang sedang tidak stabil, pajak mempunyai peranan yang sangat vital dalam membiayai pengeluaran pemerintah saat ini, demikian Agus menambahkan.

“Dalam kegiatan ini KADIN dapat sebagai fasilitator dalam pengisian dan penyampaian pajak antara pengusaha dan Kantor Pajak, KPP ataupun Dispenda, karena masih banyak pengusaha yang malu atau kurang memahami pengisian pajak yang benar, supaya tidak terjadi lagi kekurangan atau kelebihan pembayaran pajak,” ujar Abdul Wahab, ketua KADIN PPU.

Dalam paparannya, Irawan Eko Saputro selaku Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Satu dan pemateri, menyampaikan bahwa pengurangan nilai pajak, mendapatkan imbalan bunga, keberatan atas surat ketetpan pajak, kerahasiaan informasi SPT, penundaan pembayaran pajak merupakan hak dari Wajib Pajak.

Sedangkan kewajiban sebagai Wajib Pajak antara lain mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP, melaksanakan pembukuan, memotong/memungut, menghitung, memperhitungkan, menyetor, dan melaporkan Pajak. Irawan juga menjelaskan tata cara pengisian SPT Tahunan Wajib Pajak Badan.

Dalam akhir kegiatan, Kepala KPP Pratama Penajam dan Ketua KADIN PPU mengharapkan agar kerja sama ini terus dilanjutkan dan diakhiri dengan foto bersama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.