KPP Pratama Surakarta Sosialisasikan e-Faktur dan Pengisian SPT Tahunan PPh Badan kepada Kadin Surakarta

Surakarta, 21/4/2015, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II Surakarta dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surakarta kembali mengadakan kegiatan sosialisasi e-Faktur dan workshop pengisian SPT Tahunan PPh Badan.

Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, peserta sosialisasi kali ini merupakan campuran dari asosiasi hotel dan restoran (PHRI), asosiasi yang bergerak dibidang transportasi, dan asosiasi jasa konstruksi.

Acara dimulai pada pukul 09.30 ditandai dengan sambutan dari Ketua Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) surakarta, Sri Haryanto, yang akarb disapa Gareng. Dalam sambutannya, Gareng berpesan agar sebagai warga negara kita menyadari kewajiban kita sebagai wajib pajak. Pajak bukanlah momok yang menakutkan, dan janganlah menganggap kewajiban tersebut sebagai beban.

Gareng kembali mengingatkan agar peserta kegiatan tersebut mencermati sosialisasi dari pajak agar usahanya juga menjadi lancar, aktif bertanya apabila ada yang kurang jelas, dan menyampaikan segala unek-unek (keluhan) dalam melaksanakan kewajiban perpajakan.

Pada akhir sambutannya, tak lupa Gareng mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kanwil DJP Jawa Tengah II karena memberikan pencerahan kepada anggota KADIN, beliau berharap agar kerjasama dapat terus berlangsung, dan KADIN siap bekerjasama melaksanakan program dari DJP.

Dalam sesi sambutan berikutnya, mewakili Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Surakarta, Fungsional Penilai KPP Pratama Surakarta, Budi Subagyo mengatakan bahwa peran pajak kian hari semakin vital, sehingga diharapkan peran serta asosiasi dalam melaksanakan kewajibannya dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Pada akhir sambutannya, Budi berpesan agar peserta mencermati sosialisasi yang disampaikan. Sehingga dalam melaksanakan kewajibannya nanti wajib pajak tidak akan menemui kendala.

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut AR KPP Pratama Surakarta AR Surakarta yaitu Budi Arif Fahrudin dan Erwien Prasetya. Pada kesempatan itu Arif, panggilan Budi Arif Fahrudin, membimbing wajib pajak melaksanakan simulasi pengisian SPT Tahunan PPh Badan.

Setiap peserta dipandu untuk memahami lembar demi lembar halaman SPT Tahunan. Hal yang sederhana memang, namun bagi sebagian besar masyarakat SPT Tahunan PPh Badan merupakan ritual tahunan yang menakutkan.

Sedangkan pada sesi kedua, Erwin, panggilan Erwien Prasetya, menyampaikan materi mengenai tata cara pembuatan faktur pajak menggunakan aplikasi e-Faktur. Sesi tersebut dimanfaatkan Erwin untuk menjelaskan tahap-tahap pembuatan faktur pajak elektronik. Karena pada bulan Juli nanti wajib pajak sudah diwajibkan membuat faktur pajak secara elektronik, sehingga agar tidak menemui kendala pada saat pemberlakuan e-Faktur, maka perlu disosialisasikan secara terus-menerus kepada pengusaha kena pajak (PKP).

Pada sosialisasi tersebut peserta tampak antusias pada saat sesi diskusi dimulai. Pada sesi tersebut selain menanyakan tentang tata cara pengisian pengisian formulir, lampirannya SPT, dan seputar e-Faktur, sejumlah peserta sengaja mempersiapkan SPT beserta dokumen kelengkapan dari kantor untuk ditunjukkan kepada narasumber agar dapat diteliti kelengkapan dan tata cara pengisian SPT tersebut.

Kegiatan ditutup pada pukul 12.00 ditandai dengan azan dzuhur. Sebelum menutup acara Fungsional KPP Pratama Surakarta, Budi Subagyo berpesan semoga dengan kegiatan semacam ini kesadaran masyarakat khususnya wajib pajak dapat meningkat, kesadaran tersebut dibuktikan lewat partisipasinya dalam membayar pajak.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.