Menkeu Bambang Brodjonegoro Tularkan Semangat Transformasi di Makassar

Kesibukan tampak di Komplek Gedung Keuangan Negara Makassar, Jumat, 22 Mei 2015 lalu. Semangat transformasi sebentar lagi akan segera digaungkan di tempat ini. Pasalnya, Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro pada Jumat, 22 April 2015 dijadwalkan melaksanakan roadshow dalam rangka memperluas gaung trasformasi kelembagaan yang diusung oleh Kementerian Keuangan.

Mengajak seluruh lapisan di Kementerian Keuangan khususnya di kawasan Timur Indonesia, Kementerian Keuangan siap membawa Indonesia menjadi lebih baik. Seremoni penyambutan menteri baru dilakukan siang hari pasca ibadah shalat Jumat, namun, rangkaian acara roadshow ini sendiri telah dimulai sejak pagi hari.

Acara pagi dimulai dengan paparan terkait Transformasi Kelembagaan oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi (Sahli OBTI). Dalam paparannya, beberapa perubahan yang diharapkan dari transformasi ini adalah Strategi dan Keuangan, Pengelolaan Kinerja, Pengelolaan SDM, Pengembangan organisasi, serta teknologi informasi, pengelolaan aset komunikasi dan hukum.

Paparan transformasi kelembagaan diakhiri dengan dialog bersama para peserta roadshow, yang dalam hal ini adalah para pejabat eselon 1, 2 , dan 3 di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya di lingkungan Sulawesi, Maluku dan Papua.

Usai dialog transformasi, pusat kegiatan bergeser ke halaman samping Balai Diklat Keuangan Makassar. Disana telah siap ribuan miras dan rokok hasil tegahan yang akan dimusnahkan. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dalam roadshow yang secara khusus dipersiapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Wilayah Sulawesi.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. Usai solat dan istirahat siang, barulah dilaksanakan seremoni penyambutan Menteri Keuangan di aula lantai 3 Balai Diklat Keuangan Makassar. Kedatangan Menkeu disambut oleh tarian Ma’gellu, sebuah tarian tradisional asal Tana Toraja yang merupakan tarian penyambutan  oleh lima penari  pegawai  di KPP Pratama Makassar Barat.

Penyambutan Menkeu diakhiri dengan pengalungan selempang sutera oleh Pejabat Pengganti Kepala Perwakilan kementerian Keuangan Wilayah Sulawesi, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Barat dan Tengah, Ngakan Putu Tagel. Ada yang spesial dalam rangkaian kegiatan ini sebab beberapa pegawai Kementerian Keuangan di lingkungan Sulawesi, Maluku dan Papua terpilih sebagai Inspiring People dan diundang untuk berdialog langsung dengan Menteri Keuangan.

Dalam sambutan para pemenang, mereka mengungkapkan semangat dan inovasi yang mereka lakukan sehingga terpilih sebagai inspirasi mengalahkan nominator yang lain. Dua di antaranya diterima oleh pegawai Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, yaitu Agusman dan Herman. Keduanya merupakan Account Representative di KPP Pratama Makassar Barat.

Mereka terpilih salah satunya karena inovasi mereka dalam menciptakan aplikasi Mattappa dan Sistem Pemberkasan Butterfly Resistor Code. Mattappa merupakan sebuah sistem pengawasan dengan memanfaatkan peta blok yang berisi data-data berkas penerimaan, tindakan penggalian potensi, berupa himbauan, panggilan konseling, dan usul pemeriksaan.

Sistem Pemberkasan Butterfly Resistor Code merupakan sistem penataan arsip Wajib Pajak yang didasarkan pada warna dan atau kombinasi huruf dan angka dengan kode tertentu. Dinamakan Butterfly Resistor Code karena sistem penataan arsip ini diilhami warna-warna resistor dan dikembangkan di Maros, tempat spesies kupu-kupu terbanyak di dunia.

Dalam acara ini, dilakukan pula launching buku Catatan Inspirasi Transformasi (CITRA) oleh Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan, dan para Eselon I di Kementerian Keuangan RI. Buku ini berisi catatan inovasi dan terobosan untuk isnpirasi perubahan. Selanjutnya disampaikan bahwa buku ini akan turut mengawal semangat transformasi Kemenkeu.

Roadshow di Balai Diklat Keuangan Makassar diakhiri dengan ucapan terimakasih yang disampaikan langsung dari Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Wilayah Sulawesi, dihiasi dengan pemberian tanda kasih berupa hiasan dinding yang terbuat dari Sutera asli Sulawesi Selatan kepada Menteri dan Wakil Menteri Keuangan.

Rombongan peserta yang terdiri atas Menteri dan wakilnya, para pejabat eselon 1 dan 2 selanjutnya akan bertolak ke Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan (KPDDP) Makassar. Disana akan dilakukan peninjauan pengelolaan SPT serta rapat koordinasi terkait penerimaan perpajakan.

“Don’t be afraid of change. You may end up losing something good, but you will probably end up gaining something better…” Transformasi Kelembagaan untuk Indonesia yang lebih baik!


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.