Menkeu Indikasikan Risiko Pajak Takkan Capai Target Hingga Akhir Tahun

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyebutkan tahun ini ada dua risiko fiskal yang harus dihadapi Pemerintah Presiden Joko Widodo, dilihat dari realisasi dan perkembangan ekonomi hingga bulan Mei ini.
Dia mengatakan, pertama yakni risiko realisasi penerimaan pajak hingga akhir tahun berpotensi tidak mencapai target yang ditetapkan dalam APBN Perubahan 2015 sebesar Rp1.244,7 triliun. Kedua, yakni realisasi belanja kementerian/lembaga hingga akhir tahun tidak akan mencapai 100 persen. Seperti diketahui, pagu belanja kementerian/lembaga (K/L) tahun ini sebesar Rp795,5 triliun.
Sehingga, kemungkinan kata Bambang defisit anggaran bisa melebar di kisaran 1,9 hingga 2,2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), dengan asumsi hitungan pesimistis penerimaan pajak tidak optimal.
"Dua hal itu yang sepertinya berisiko nanti realisasinya tidak sama dengan APBN yang sudah diundang-undangkan," kata Bambang dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (27/5/2015).
Bambang menjelaskan, melihat tren tahun sebelumnya perkiraan realisasi belanja K/L nampaknya akan lebih rendah dari pada tahun lalu yang mencapai 95 persen.
"Tahun ini kita perkirakan 92-93 persen. Kalau tahun kemarin kan karena ada belanja subsidi sekitar Rp250 triliun, sekarang kan subsidi sudah jauh sekitar Rp60 triliun," tutur dia.
Artinya ada sekitar 8 persen atau sekitar Rp60 triliun lagi belanja K/L yang diperkirakan tidak akan terserap. Otomatis, peneriman pajak juga diperkirakan akan shortfall sekitar Rp60 triliun.
"Pajaknya juga turun segitu, pembiayaannya juga sama. Sehingga skenario pesimisnya defisit menjurus 2,2 persen," ujar dia.
Untuk menutupi pelebaran defisit, lanjut Bambang, pemerintah lebih memanfaatkan pinjaman multilateral dan bilateral baik yang bersifat pinjaman proyek maupun sisa anggaran lebih (SAL). "Tapi kita akan kurangi pengeluaran SUN (Surat Utang Negara) berdenominasi rupiah," pungkasnya.
WID
sumber


Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.